PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI KEJUJURAN PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 1 KALIDAWIR KAB. TULUNGAGUNG

MARLELA DWI LESTARI, 12201193091 (2023) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI KEJUJURAN PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 1 KALIDAWIR KAB. TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (214kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (332kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (145kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (176kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (253kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (178kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (351kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (188kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (71kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (153kB)
[img] Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (740kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menanamkan Nilai-Nilai Kejujuran Peserta didik di SMP Negeri 1 Kalidawir Kab. Tulungagung” ditulis oleh Marlela Dwi Lestari, NIM. 12201193091, selaku mahasiswa program studi Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing: Dr. Mohammad Ja’far As-Shodiq, S.Kom., M.Pd.I Kata Kunci : Peran Guru, Nilai Kejujuran Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh peserta didik yang tidak semuanya memegang nilai-nilai kejujuran. Nilai kejujuran merupakan salah satu nilai yang wajib dimiliki oleh peserta didik. Kejujuran sangat berpengaruh terhadap moralitas peserta didik, sehingga dalam jenjang pendidikan perlu ditanamkan nilai-nilai kejujuran kepada peserta didik. Dalam penanaman nilai-nilai kejujuran di sekolah tentu tidak lepas dari peran seorang guru, sehingga dapat dikatakan bahwa peran guru memberikan dampak yang besar bagi moralitas peserta didik. Diantara peran guru tersebut adalah guru sebagai pembimbing, motivator dan teladan. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kejujuran peserta didik sehingga menumbuhkan generasi bangsa yang memiliki moralitas yang baik. Fokus dari penelitian ini adalah (1) Bagaimana peran guru Pendidikan Agama Islam sebagai pembimbing dalam menanamkan nilai-nilai kejujuran peserta didik di SMPN 1 Kalidawir Kab. Tulungagung? (2) Bagaimana peran guru Pendidikan Agama Islam sebagai motivator dalam menanamkan nilai-nilai kejujuran peserta didik di SMPN 1 Kalidawir Kab. Tulungagung? (3) Bagaimana peran guru Pendidikan Agama Islam sebagai teladan dalam menanamkan nilai-nilai kejujuran peserta didik di SMPN 1 Kalidawir Kab. Tulungagung?. Adapun yang menjadi tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan peran guru Pendidikan Agama Islam sebagai pembimbing dalam menanamkan nilai-nilai kejujuran peserta didik di SMPN 1 Kalidawir Kab. Tulungagung, (2) Untuk mendeskripsikan peran guru Pendidikan Agama Islam sebagai motivator dalam menanamkan nilai-nilai kejujuran peserta didik di SMPN 1 Kalidawir Kab. Tulungagung, (3) Untuk mendeskripsikan peran guru Pendidikan Agama Islam sebagai teladan dalam menanamkan nilai-nilai kejujuran peserta didik di SMPN 1 Kalidawir Kab. Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan menggunakan jenis penelitian studi kasus. Dengan metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara semi terstruktur dan dokumentasi. Dalam menganalisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian (1) Peran guru Pendidikan Agama Islam sebagai pembimbing dalam menanamkan nilai-nilai kejujuran adalah sebagai berikut. (a) guru PAI membimbing melalui kegiatan pembelajaran, (b) menggunakan pendekatan spiritual dan akademik dalam membimbing peserta didik, (c) memberikan bimbingan berupa nasihat dan arahan tentang kejujuran, (d) membimbing melalui kegiatan dan pembiasaan, (e) bekerjasama dengan guru-guru lainnya untuk memberikan bimbingan peserta didik. (2) Peran guru Pendidikan Agama Islam sebagai motivator dalam menanamkan nilai-nilai kejujuran adalah. (a) memotivasi dengan memberikan semangat, dukungan dan dorongan, (b) mengingatkan peserta didik agar selalu berbuat jujur dengan mengaitkan kejujuran dengan dalil-dalil yang relevan, (c) bekerjasama dengan pihak luar sekolah seperti mendatangkan muballigh dalam kegiatan PHBI (Peringatan Hari Besar Islam) dalam memberikan motivasi, (d) memberikan apresiasi kepada peserta didik yang berbuat jujur. (3) Peran guru Pendidikan Agama Islam sebagai teladan dalam menanamkan nilai-nilai kejujuran adalah. (a) memberikan contoh yang sesuai, (b) bekerjasama dengan semua pihak sekolah, (c) memberikan teguran dan sanksi kepada peserta didik.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Guru
Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Karakter
Pendidikan > Peserta Didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201193091 MARLELA DWI LESTARI
Date Deposited: 14 May 2024 07:16
Last Modified: 14 May 2024 07:16
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/44918

Actions (login required)

View Item View Item