HELENA FERANSI, 12212193037 (2023) KEMAMPUAN MULTIPLE REPRESENTATION SISWA PADA MATERI LAJU REAKSI DITINJAU DARI PERBEDAAN JENIS KELAMIN. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (408kB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (174kB) |
||
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (96kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (259kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (679kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (230kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (197kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (37kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (786kB) |
Abstract
Kemampuan multiple representation sangat penting dalam menunjang pembelajaran kimia khususnya pada materi laju reaksi di MAN 3 Tulungagung. Selain penguasaan multiple representation, dalam mempelajari konsep kimia ada beberapa faktor yang juga harus diperhatikan salah satunya adalah faktor perbedaan jenis kelamin. Penelitian ini perlu dilakukan karena di MAN 3 Tulungagung belum pernah dilakukan penelitian mengenai kemampuan multiple representation pada materi laju reaksi. Hasil nilai mengenai kemampuan multiple representationn antinya dapat dijadikan guru sebagai referensi untuk membuat metode pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui kemampuan multiple representation siswa laki�laki pada materi laju reaksi. (2) mengetahui kemampuan multiple representationsiswa laki-laki pada materi laju reaksi. (3) mengetahui perbedaan kemampuan multiple representation siswa laki-laki dan perempuan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian kausal komparatif. Sampel penelitian berjumlah 50 siswa yang terdiri dari 18 siswa laki-laki dan 32 siswa perempuan. Teknik sampling pada penelitian ini adalah purposive sampling. Data pada penelitian ini diperoleh dari hasil tes tulis berbentuk esai. Teknik analisis data yang digunakan yaitu: uji validitas soal diperoleh 13 soal valid, uji reliabilitas diperoleh hasil sebesar 0,709 dengan kriteria tinggi, dan uji hipotesis menggunakan uji t test-independent. Hasil penelitian ini adalah (1) rata-rata hasil kemampuan multiple representation siswa laki-laki adalah 31,6194 dengan kriteria kemampuan multiple representation berada pada kategori kurang. (2) rata-rata hasil kemampuan multiple representation siswa perempuan adalah 40,4397 dengan kriteria kemampuan multiple representation berada pada kategori kurang. (3) hasil uji t test-independentmenunjukkan hasil yang signifikan dengan nilai sebesar 0,008. Hal tersebut menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan terhadap kemampuan multiple representation siswa laki-laki dan siswa perempuan.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Kimia Kimia > Molekul Kimia Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Kimia |
Depositing User: | 12212193037 HELENA FERANSI |
Date Deposited: | 22 Apr 2024 01:24 |
Last Modified: | 22 Apr 2024 01:24 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/44965 |
Actions (login required)
View Item |