KEMAMPUAN PENALARAN ADAPTIF SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA TIPE SOAL HOTS DI MTsN 4 TULUNGAGUNG

HENI FEBRIANTI, 12204193103 (2023) KEMAMPUAN PENALARAN ADAPTIF SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA TIPE SOAL HOTS DI MTsN 4 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (330kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (227kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (250kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (394kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (310kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (234kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (88kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (171kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Kemampuan Penalaran Adaptif Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Tipe Soal HOTS di Kelas VIII MTsN 4 Tulungagung” ini ditulis oleh Heni Febrianti, NIM. 12204193103, pembimbing Dr. Ummu Sholihah, S.Pd., M.Si. Kata Kunci: Kemampuan Penalaran Adaptif, Pemecahan Masalah Matematika, Soal HOTS. Penalaran adaptif merupakan proses berpikir secara logis yang menghubungkan konsep dan situasi karena bukan hanya sekedar menarik kesimpulan tetapi juga memberikan alasan, menilai dan memeriksa suatu argumen. Peserta didik yang memiliki kemampuan penalaran adaptif akan dengan mudah mengetahui solusi yang diperoleh benar dengan menggunakan langkah-langkah penyelesaian untuk mendapatkan jawaban dari permasalahan yang diberikan, salah satunya adalah dalam menyelesaikan soal Higher Order Thinking Skill (HOTS). Soal berbasis HOTS merupakan soal yang melibatkan kemampuan bernalar dan menuntut kemampuan berpikir tingkat tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mendeskripsikan kemampuan penalaran adaptif siswa berkemampuan matematika tinggi dalam memecahkan masalah matematika tipe soal HOTS, (2) Mendeskripsikan kemampuan penalaran adaptif siswa berkemampuan matematika sedang dalam memecahkan masalah matematika tipe soal HOTS, (3) Mendeskripsikan kemampuan penalaran adaptif siswa berkemampuan matematika rendah dalam memecahkan masalah matematika tipe soal HOTS. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek penelitian terdiri dari 12 siswa dengan ketentuan 4 siswa berkemampuan matematika tinggi, 4 siswa berkemampuan matematika sedang, dan 4 siswa berkemampuan matematika rendah dari kelas VIII-A MTsN 4 Tulungagung. Pengambilan subjek penelitian menggunakan purposive sumpling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes berbentuk soal uraian, wawancara semi terstruktur dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Hasil analisis dan pembahasan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Kemampuan penalaran adaptif siswa yang tinggi dalam memecahkan soal HOTS mampu memenuhi 2 indikator penalaran adaptif yaitu menyusun atau mengajukan dugaan/conjecture dan memberikan alasan atau bukti mengenai jawaban yang diberikan. (2) Kemampuan penalaran adaptif siswa yang sedang mampu memenuhi 3 indikator penalaran adaptif yaitu menarik kesimpulan dari sebuah pernyataan, memberikan alasana atau bukti mengenai jawaban yang diberikan, serta menemukan pola dari suatu masalah matematika. (3) Kemampuan penalaran adaptif siswa yang rendah mampu memenuhi 2 indikator penalaran adaptif yaitu menyusun atau mengajukan dugaan/conjecture dan menemukan pola dari suatu masalah matematika.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204193103 HENI FEBRIANTI
Date Deposited: 26 Apr 2024 04:46
Last Modified: 26 Apr 2024 04:46
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/45001

Actions (login required)

View Item View Item