ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS XI DALAM MENYELESAIKAN SOAL-SOAL PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA DI MAN KOTA BLITAR

VIDA AMALIA FITRIANI, 12212183024 (2024) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS XI DALAM MENYELESAIKAN SOAL-SOAL PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA DI MAN KOTA BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (58kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (188kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (224kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (220kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (118kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (728kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (32kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (46kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI Dalam Menyelesaikan Soal-soal Pada Materi Larutan Penyangga di MAN Kota Blitar” ini ditulis oleh Vida Amalia Fitriani dari Program Studi Tadris Kimia Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung dengan NIM. 12212183024 dan dibimbing oleh Ifah Silfianah, M.Pd. Kata kunci: Kemampuan, Berpikir Kritis, Soal, Larutan Penyangga Berpikir kritis merupakan proses berpikir intelektual di mana pemikir dengan sengaja menilai kualitas pemikirannya, pemikir menggunakan pemikiran yang reflektif, independen, jernih dan rasional. Kemampuan berpikir kritis dilatih untuk mempersiapkan siswa agar dapat menghadapi berbagai situasi dalam kehidupan yang selalu dihadapkan pada berbagai permasalahan dan pilihan serta situasi kehidupan yang senantiasa mengalami perubahan. Sebagian besar siswa bingung dalam menerapkan konsep pengetahuan yang dimilikinya dalam menyelesaikan masalah sehingga perlu diadakan penelitian mengenai analisis kemampuan berpikir kritis siswa untuk mengetahui tingkat kemampuan berpikir kritis siswa. Karakteristik ilmu kimia yang abstrak merupakan salah satu penyebab sulitnya siswa mempelajari ilmu kimia, sehingga siswa sering kali menghapal materi kimia berupa konsep dan rumus perhitungan namun tidak memahaminya. Larutan penyangga (buffer) adalah larutan yang mampu mempertahankan pH meskipun ditambah sedikit asam, basa, ataupun air. Penelitian ini bertujuan untuk: Mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI IPA di MAN Kota Blitar dalam menyelesaikan soal-soal pada materi Larutan Penyangga. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MAN Kota Blitar, sedangkan sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 1 dan XI IPA 2 tahun ajaran 2021/2022 yang berjumlah 60 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen dalam penelitian ini yaitu tes uraian (essay) yang berjumlah 10 soal untuk menentukan kemampuan berpikir kritis siswa. Analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, daya sukar soal, dan daya beda soal. Teknik pengumpulan data adalah dengan tes yang dalam hal ini tes yang digunakan berupa tes essay atau uraian sebab memiliki kelebihan dalam hal menalar pada sisi kognitif seperti menganalisis, mensintesis, dan mengevaluasi. Hasil penelitian ini menunjukkan Siswa di MAN Kota Blitar memiliki kemampuan berpikir kritis dengan persentase rata-rata 58% yang dikategorikan rendah. Persentase rata-rata siswa berdasarkan aspek indikator berpikir kritis adalah memberikan penjelasan sederhana sebesar 86%, keterampilan dasar sebesar 77%, menyimpulkan sebesar 73%, memberikan penjelasan lanjut sebesar 64% dan mengatur strategi dan taktik sebesar 59%.

Item Type: Skripsi
Subjects: Kimia
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Kimia
Depositing User: 12212183024 VIDA AMALIA FITRIANI
Date Deposited: 23 Apr 2024 02:03
Last Modified: 23 Apr 2024 02:03
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/45101

Actions (login required)

View Item View Item