PENGEMBANGAN MODUL KIMIA BERBASIS PREDICT, OBSERVE, EXPLAIN (POE) PADA MATERI LAJU REAKSI DI KELAS XI SMA/MA

LYNDA YULINA, 12212173045 (2024) PENGEMBANGAN MODUL KIMIA BERBASIS PREDICT, OBSERVE, EXPLAIN (POE) PADA MATERI LAJU REAKSI DI KELAS XI SMA/MA. [ Skripsi ]

This is the latest version of this item.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (14MB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (11MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (11MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (11MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (11MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengembangan Modul Laju Reaksi Berbasis Predict Observe Explain (POE) pada Materi Laju Reaksi di Kelas XI SMA/MA” ini ditulis oleh Lynda Yulina, NIM. 12212173045, Pembimbing Ifah Silfianah, M.Pd. Kata Kunci: Modul Kimia, Predict Observe Explain, Laju Reaksi Keterbatasan bahan ajar di sekolah menjadi salah satu faktor penyebab permasalahan yang dialami peserta didik mulai dari kurangnya motivasi belajar hingga kesulitan dalam memahami materi yang diajarkan. Materi kimia kebanyakan memiliki karakteristik yaitu memuat konsep-konsep yang sulit untuk dipahami, seperti salah satunya materi laju reaksi. Berdasarkan hal tersebut perlu adanya inovasi bahan ajar yang dapat membuat siswa aktif dan paham dengan konsep materi laju reaksi, dengan cara menginovasi suatu bahan ajar menjadi bahan ajar yang memuat model pembelajaran yang sesuai, seperti model pembelajaran POE (Predict Observe Explain). Oleh karena itu modul kimia ajar berbasis POE (Predict Observe Explain) pada materi laju reaksi ini perlu disusun, dengan harapan agar menjadi inovasi bahan ajar yang praktis dan juga layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi (1) Proses pengembangan modul kimia berbasis berbasis POE (Predict Observe Explain) pada materi laju reaksi di kelas XI SMA/MA, (2) Tingkat kelayakan modul kimia berbasis berbasis POE (Predict Observe Explain) pada materi laju reaksi di kelas XI, (3)Respon peserta didik terhadap modul kimia berbasis berbasis POE (Predict Observe Explain) pada materi laju reaksi di kelas XI. Model penelitian dan pengembangan yang digunakan dalam penetilitian ini adalah model pengembangan 4D dari Thiagrajan yang telah dimodifikasi menjadi 3D yang meliputi define (pendefinisian), design (perancangan), dan develop (pengembangan). Instrumen penelitian yang digunakan adalah pedoman wawancara untuk menganalisis kebutuhan pengembangan produk, lembar validasi untuk menguji kelayakan produk, dan angket respon peserta didik untuk mengetahui respon peserta didik terhadap penggunaan modul. Data dari hasil validasi dan respon dianalisis menggunakan data kuantitatif dengan menggunakan persentase saran dari validator yang dianalisis secara deskriptif kualitatif. Validasi dilakukan oleh 2 ahli media dan ahli materi yang terdiri dari 1 dosen pendidikan kimia dan 1 guru kimia SMAN 1 Kalidawir. Subjek penelitian yang digunakan sebagai subjek uji coba terbatas produk adalah 36 peserta didik kelas XI IPA 1 SMAN 1 Kalidawir. Hasil penelitian ini berupa 1) Modul kimia berbasis berbasis POE (Predict Observe Explain) pada materi laju reaksi di kelas XI yang dikembangkan dengan menggunakan bantuan beberapa aplikasi yautu Microsoft Word, dan Canva. 2) Modul kimia berbasis berbasis POE (Predict Observe Explain) pada materi laju reaksi di kelas XI ini dinyatakan sangat layak oleh validator. Hal ini dibuktikan dengan perolehan persentase sebesar 86% pada askpek materi, dan mendapatkan persentase sebesar 87% pada aspek media. 3) Modul kimia berbasis berbasis POE (Predict Observe Explain) pada materi laju reaksi di kelas XI ini, juga mendapatkan respon dengan kategori baik yang dibuktikan dengan hasil persentase rata-rata sebesar 84%.

Item Type: Skripsi
Subjects: Kimia
Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Kimia
Depositing User: 12212173045 LYNDA YULINA
Date Deposited: 29 Apr 2024 02:09
Last Modified: 29 Apr 2024 02:09
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/45152

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item