STRATEGI KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN PROSES PEMBELAJARAN PESERTA DIDIK DI RAUDATUL ATFAL AL-KHODIJAH GESIKAN PAKEL TULUNGAGUNG

KHANIFATUS SA'DIYATUL IQLIMAH, 12207173025 (2023) STRATEGI KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN PROSES PEMBELAJARAN PESERTA DIDIK DI RAUDATUL ATFAL AL-KHODIJAH GESIKAN PAKEL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (220kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (210kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (216kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (273kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (77kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (815kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (146kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (53kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (184kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Strategi Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Proses Pembelajaran Pada Peserta Didik Di Raudatul Atfal Al-Khodijah Gesikan Pakel Tulungagung” ini ditulis oleh Khanifatus Sa’diyatul Iqlimah, NIM. 12207173025, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Ramatullah Tulungagung, dosen pembimbing Dr. H. Masduki, M.Ag. Kata kunci: Strategi Kepala Madrasah, Proses Pembelajaran, Peserta Didik Strategi dari kepala sekolah/madrasah dalam meningkatkan proses pembelajaran di sebuah lembaga pendidikan sangatlah dibutuhkan. Hal itu karena, lingkungan belajar di sekolah/madrasah menjadi salah satu faktor penting yang dapat mempengaruhi perkembangan anak didik/ peserta didik. Sesuai dengan perkembangan zaman lembaga pendidikan harus mampu menjawab tantangan dan harapan dari masyarakat. Hal itu tidak terlepas dari kebijakan kepala RA Al-Khodijah Gesikan dalam menjawab tantangan dan tuntutan masyarakat sesuai dengan perkembangan dalam dunia pendidikan saat ini. Setelah menerapkan berbagai program pembelajaran, RA Al-Khodijah Gesikan mendapatkan kepercayaan besar dari masyarakat sehingga dalam dua tahun terakhir peserta didik lembaga tersebut meningkat banyak. Fokus penelitian ini adalah: (1) Bagaimana konsep strategi kepala madrasah dalam meningkatkan proses pembelajaran pada peserta didik di Raudatul Atfal Al-Khadijah Gesikan Pakel Tulungagung?; (2) Bagaimana implementasi strategi kepala madrasah dalam meningkatkan proses pembelajaran pada peserta didik di Raudatul Atfal Al-Khadijah Gesikan Pakel Tulungagung?; (3) Bagaimana evaluasi strategi kepala madrasah dalam meningkatkan proses pembelajaran pada peserta didik di Raudatul Atfal Al-Khadijah Gesikan Pakel Tulungagung? Penelitiam ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi partisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini terdiri dari dua sumber yaitu data primer dan data sekunder. Dalam menganalisis data peneliti menggunakan kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Cek keabsahan data menggunakan Triangulasi Sumber, Triangulasi Teknik, dan Triangulasi Waktu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Konsep strategi kepala madrasah dalam meningkatkan proses pembelajaran pada peserta didik di Raudatul Atfal Al-Khadijah Gesikan Pakel Tulungagung telah dilakukan dengan baik dimulai dengan beberapa tahap seperti: Tahap awal perencanaan kegiatan, keterlibatan ibu guru terkait perencanaan kegiatan, dan tujuan adanya perencanaan kegiatan strategi kepala madrasah. (2) Implementasi strategi kepala madrasah dalam meningkatkan proses pembelajaran pada peserta didik di RA Al-Khadijah Gesikan Pakel Tulungagung telah dilakukan dengan baik teridiri dari Proses pelaksanaan strategi pembelajaran dilakukan sesuai RPPH, Prota dan Promes yang telah dirancang kepala madrasah beserta guru yaitu: Latihan apel pagi setiap hari senin; pembiasaan yang mencangkup pengetahuan umum, mata pelajaran umum berupa tema dan pengetahuan tentang Islam yang dikemas dengan lagu anak supaya cepat hafal;l atihan praktik sholat, mengaji dan calistung setiap Senin sampai Kamis; setiap hari Jumat senam dan berolahraga; dan setiap hari Sabtu juga melaksanakan senam, mendengarkan dongeng, menggambar, melipat dan menempel, kemudian setoran hafalan yang sudah tercantum dalam penilaian hafalan sesuai di RPPH. (3) Evaluasi kepala madrasah dalam meningkatkan proses pembelajaran pada peserta didik di RA Al-Khadijah Gesikan Pakel Tulungagung telah dilakukan dengan baik terdiri dari Evaluasi penempatan (awal pembelajaran di semester satu peserta didik dipilah sesuai kemampuannya untuk ditempatkan pada program yang tepat), Evaluasi Assessment, Evaluasi penilaian hafalan kegamamaan berbentuk ceklis yang tergolong dalam assessment formatif

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 12207173025 KHANIFATUS SA'DIYATUL IQLIMAH
Date Deposited: 24 Apr 2024 07:48
Last Modified: 24 Apr 2024 07:48
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/45163

Actions (login required)

View Item View Item