PENGARUH MODEL PJBL-STEM TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHN MASALAH DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS XI MAN 1 TRENGGALEK PADA MATERI ALAT – ALAT OPTIK

PUJI EKA PURWATI, 12211193079 (2023) PENGARUH MODEL PJBL-STEM TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHN MASALAH DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS XI MAN 1 TRENGGALEK PADA MATERI ALAT – ALAT OPTIK. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (777kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (490kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (779kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (864kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (685kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (671kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (629kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (412kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Model PjBL-STEM Terhadap Kemampuan Pemecahn Masalah dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI MAN 1 Trenggalek Pada Materi Alat – Alat Optik” ditulis oleh Puji Eka Purwati, NIM. 12211193079, Program Studi Tadris Fisika dengan dosen pembimbing Dr. Desyana Olenka Margaret ta, M.Si. Kata Kunci : Model PjBL-STEM, Kemampuan Pemecahan Masalah, Keterampilan Berpikir Kritis, Alat – alat optik Permasalahan utama dari penelitian ini yaitu rendahnya kemampuan pemecahan masalah dan keterampilan berpikir kritis siswa. faktor – faktor yang mempengaruhi hal tersebut yaitu adanya ketidaksesuaian antara konsep yang diberikan oleh guru dengan pemahaman yang diperoleh siswa. serta kurang tepatnya model pembelajaran yang digunakan oleh guru dengan materi yang akan disampaikan sehingga materi tidak dapat diterima dengan baik oleh siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Mengetahui pengaruh model PjBL – STEM terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa, 2) Mengetahui pengaruh model PjBL – STEM terhadap keterampilan berpikir kritis siswa, dan 3) Mengetahui pengaruh model PjBL – STEM terhadap kemampuan pemecahan masalah dan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi alat – alat optik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Penelitian ini dilaksanakan di MAN 1 Trenggalek pada bulan april 2023. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling, dengan sampel yang terdiri dari 18 siswa kelas XI MIPA 2 sebagai kelas eksperimen dan 20 siswa kelas XI MIPA 1 sebagai kelas kontrol. Instrumen dalam penelitian ini adalah 5 soal uraian kemampuan pemecahan masalah dan 5 soal uraian keterampilan berpikir kritis. Analisis data yang digunakan antara lain: 1) uji instrumen validitas dan reliabilitas; 2) uji prasyarat uji homogenitas dan normalitas; 3) uji hipotesis mann-whitney dan uji kruskal wallis. Hasil uji hipotesis pertama menunjukkan ada pengaruh model PjBL-STEM terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi alat–alat optik dengan nilai sig sebesar 0,039. Hasil uji hipotesis kedua menunjukkan ada pengaruh model PjBL-STEM terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada materi alat-alat optik dengan nilai sig sebesar 0,029. Hasil uji hipotesis ketiga menunjukkan ada pengaruh model PjBL-STEM terhadap kemampuan pemecahan masalah dan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi alat–alat optik dengan nilai sig = 0,039 dan 0,029.

Item Type: Skripsi
Subjects: Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Fisika
Depositing User: 12211193079 PUJI EKA PURWATI
Date Deposited: 24 Apr 2024 06:55
Last Modified: 24 Apr 2024 07:01
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/45224

Actions (login required)

View Item View Item