PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR DALAM MENUNJANG KUALITAS PEMBELAJARAN PAI DI SMP ISLAM AL- MA’RIFAH DARUNNAJAH KELUTAN TRENGGALEK

NUR AFIFAH, 17201163157 (2023) PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR DALAM MENUNJANG KUALITAS PEMBELAJARAN PAI DI SMP ISLAM AL- MA’RIFAH DARUNNAJAH KELUTAN TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (610kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (346kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (737kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (675kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (623kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (715kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (340kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (233kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pemanfaatan Sumber Belajar dalam Menunjang Kualitas Pembelajaran PAI di SMP Islam Al-Ma’rifah Darunnajah Kelutan Trenggalek” ini di tulis oleh Nur Afifah, NIM. 17201163157, Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, pembimbing H. Abdulloh Chakim, S.Ag., M.Pd. Kata Kunci: Pemanfaatan Sumber Belajar, Kualitas Pembelajaran Penelitian ini dilatar belakangi adanya fenomena masih banyaknya peserta didik yang mengesampingkan pelajaran agama Islam baik itu dari segi materi maupun penyampaian oleh guru. Selain itu selama ini pemanfaatan sumber belajar yang digunakan hanya sebatas guru dan buku serta menggunakan metode yang konvensional yaitu ceramah sehingga hal tersebut membuat peserta didik menjadi bosan. Apabila guru dapat memanfaatkan sumber belajar dengan baik maka tujuan pembelajaran akan tercapi secara maksimal. Selaras dengan adanya sumber belajar maka, peneliti ingin meneliti lebih jauh Pemanfaatan Sumber Belajar dalam Menunjang Kualitas Pembelajaran PAI di SMP Islam Al-Ma’rifah Darunnajah Kelutan Trenggalek. Fokus Penelitian dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana Kualitas Sumber Belajar pada mata pelajaran pendidikan Agama Islam di SMP Islam Al-Ma’rifah Darunnajah Trenggalek? (2) Bagaimana pemanfaatan sumber belajar pada pembelajaran pendidikan agama islam di SMP Islam Al-Ma’rifah Darunnajah Trenggalek? (3) Bagaimana dampak pemanfaatan sumber belajar pada peningkatan kualitas pembelajaran pendidikan agama islam di SMP Islam Al-Ma’rifah Darunnajah Trenggalek? Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan kualitas sumber belajar pada mata pelajaran pendidikan agama islam di SMP Islam Al-Ma’rifah Darunnajah Trenggalek. (2) Mendeskripsikan pemanfaatan sumber belajar pada pembelajaran pendidikan agama islam di SMP Islam Al-Ma’rifah Darunnajah Trenggalek. (3) Mendeskripsikan dampak pemanfaatan sumber belajar pada peningkatan kualitas pembelajaran pendidikan agama islam di SMP Islam Al-Ma’rifah Darunnajah Trenggalek. Metode penelitian dalam penelitian ini menggunaka pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penelitian dilakukan di SMP Islam Al-Ma’rifah Darunnajah Trenggalek. Sumber data diperoleh dari dua macam sumber data yaitu data primer dan data sekunder. Dalam pengumpulan data peneliti menggunaka metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisisnya peneliti menggunakan teknik analisis deskriptif, yaitu berupa reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Penelitian ini juga melakukan pengecekan keabsahan data dengan menggunakan teknik pemeriksaan triangulasi. Untuk tahap penelitian ini menggunakan pra lapangan , tahap pekerjaan lapangan, dan tahap pelaporan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualiatas sumber belajar yang sudah cukup memadai dengan guru memanfaatkan berbagai sumber belajar yang mudah ditemukan seperti buku, masjid, dan perpustakaan. Kemudian upaya yang dilakukan guru dalam memanfaatkan sumber belajar yaitu dengan mempersiapkan pembelajaran sesuai dengan materi yang akan di ajarkan, menciptakan pembelajaran yang menyenangkan, serta menjalin hubungan yang baik dengan semua pihak dan melakukan kerjasaama dalam pemanfaatan sumber belajar. Sehingga dengan pemilihan sumber belajar yang berkualitas serta upaya guru dalam memanfaatkan sumber belajar dengan baik bisa berdampak pada kualitas pembelajaran. Siswa lebih antusias dan semangat ketika guru memanfaatkan sumber belajar serta ada peningkatan dari hasil belajar siswa.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201163157 NUR AFIFAH
Date Deposited: 29 Apr 2024 04:08
Last Modified: 29 Apr 2024 04:08
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/45310

Actions (login required)

View Item View Item