STRATEGI PEMASARAN PRODUK PEMBIAYAAN RAHN GADAI SYARIAH DALAM MENINGKATKAN KEUNGGULAN KOMPETITIF (Studi Kasus di BMT Pahlawan dan BMT Muamalah)

KAROMATUS SOLEKAH, 12401173303 (2021) STRATEGI PEMASARAN PRODUK PEMBIAYAAN RAHN GADAI SYARIAH DALAM MENINGKATKAN KEUNGGULAN KOMPETITIF (Studi Kasus di BMT Pahlawan dan BMT Muamalah). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (698kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (97kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (63kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (198kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (348kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (199kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (366kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (259kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (115kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (177kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Strategi Pemasaran Produk Pembiayaan Rahn Gadai Syariah dalam Meningkatkan Keunggulan Kompetitif (Studi Kasus di Bmt Pahlawan dan Bmt Muamalah)” ini ditulis oleh Karomatus Solekah, NIM. 12401173303, Pembimbing Refki Rusyadi Seiring dengan pertumbuhan Lembaga Keuangan Syariah, persaingan antara Lembaga Keuangan Syariah semakin tinggi dalam hal pemasaran produk. Banyak bank syariah maupun bank Lembaga Keuangan Syariah non bank yang menawarkan berbagai macam produk yang memiliki keunggulan masing-masing. Oleh karena itu, setiap Lembaga Keuangan Syariah tak terkecuali BMT dituntut untuk lebih kreatif, inovatif dan tentunya membutuhkan strategi pemasaran yang efektif, agar produk-produk dari suatu Lembaga Keuangan Syariah tersebut dapat menarik nasabah serta tujuan yang diharapkan dapat tercapai. Maka diperlukan adanya strategi pemasaran Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui strategi pemasaran produk pembiayaan Gadai Syariah (RAHN) dalam meningkatkan keunggulan kompetitif pada BMT Pahlawan dan BMT Muamalah dan (2) Untuk mengetahui Apa sajakah faktor pendukung dan penghambat pemasaran produk pembiayaan Gadai Syariah (RAHN) dalam meningkatkan keunggulaan kompetitif di BMT Pahlawan dan BMT Muamalah. Penelitian ini menggunakan pendekatanKualitatif dengan jenis penelitian Studi Kasus. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data yaitu teknik wawancara, dokumentai berupa foto wawancara dan lokasi penelitian, selain itu juga digunakan observasi untuk mengamati segala kegiatan. Adapun narasumber dari penelitian ini adalah nasabah dan penglola di BMT Muamalah dan BMT Pahlawan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Strategi Pemasaran BMT Muamalah dan BMT Pahlawan yaitu (a) Segmentasi: mencari peluang segmen yang ada dengan mengamati secara langsung dilapangan disertai dakwah, dan membagi atas segmen tersebut berdasarkan kelas sosial, (b) Targetiing : Masyarakat kelas menengan kebawah yang membutuhkan biaya dalam usahanya (c) Positioning : melakukan pelayanan yang baik dan ramah, dan (d) Marketing Mix mulai dari Produk, Harga, Promosi, dan Tempat. (2) faktor penghambat pemasaran di kedua BMT yaitu Kurangnya kesadaran masyarakat bahwa ada lembaga keuangan yang bebas dari riba, Kurangnya kesadaran masyarakat akan bagaimana transaksi yang diperbolehkan oleh islam, Sulitnya merubah mindset masyarakat, Merasa khawatir dengan jaminan pembiayaan yang diberikan di BMT tidak aman, sedangkan solusinya adalah Memberikan pengertian-pengertian kepada nasabah tentang BMT yang bebas dari riba dan Memberikan penjelasan mengenai prosedur dan sistem pembiayaan secara jelas sehingga diharapkan masyarakat akan mengerti perbedaan BMT dengan lembaga non syariah lainya. Kata Kunci : Pemasaran, Rahn, Keunggulan Kompetitif

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Perbankan Syariah
Ekonomi > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: 12401173303 KAROMATUS SOLEKAH
Date Deposited: 14 May 2024 06:54
Last Modified: 14 May 2024 06:54
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/45457

Actions (login required)

View Item View Item