PENGELOLAAN PEMBELAJARAN PROYEK BERBASIS KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DALAM MEMBENTUK KARAKTER PELAJAR PANCASILA (Studi Multisitus di SD Plus Mutiara Ilmu Pandaan dan SD Islam Az Zahra Beji)

Nur Ainin Wulandari, 12850521024 (2023) PENGELOLAAN PEMBELAJARAN PROYEK BERBASIS KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DALAM MEMBENTUK KARAKTER PELAJAR PANCASILA (Studi Multisitus di SD Plus Mutiara Ilmu Pandaan dan SD Islam Az Zahra Beji). [ Thesis ]

This is the latest version of this item.

[img] Text
COVER.pdf

Download (805kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (304kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (368kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (580kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (865kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (811kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (510kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (210kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (409kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tesis dengan judul “Pengelolaan Pembelajaran Proyek Berbasis Kurikulum Merdeka Belajar dalam Membentuk Karakter Pelajar Pancasila (Studi Multisitus di SD Plus Mutiara Ilmu Pandaan dan SD Islam Az Zahra Beji)” ditulis oleh Nur Ainin Wulandari, NIM 12850521024, pembimbing Prof. Dr. Prim Masrokan Mutohar, M.Pd dan Dr. Zaini Fasya, M.Pd. Kata Kunci : Pembelajaran Proyek, Kurikulum Merdeka Belajar, Karakter Pelajar Pancasila Penelitian dalam tesis ini dilatarbelakangi oleh perkembangan teknologi yang begitu pesat membawa banyak perubahan. Hal tersebut menjadi tantangan dunia pendidikan untuk menghadapi arus global yang berjalan begitu pesatnya. Sistem pendidikan juga harus berevolusi karena setiap zaman memiliki tantangan yang berbeda. begitupun dengan kurikulum dan pembelajaran yang perlu banyak perbaikan dan perubahan. Tujuannya agar pendidikan dan pembelajaran mampu membentuk karakter peserta didik agar mampu mengamalkan nilai-nilai pancasila. Fokus penelitian dalam tesis ini adalah (1) Bagaimana perencanaan pembelajaran proyek berbasis kurikulum merdeka belajar di SD Plus Mutiara Ilmu Pandaan dan SD Islan Az Zahra Beji, (2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran proyek berbasis kurikulum merdeka belajar di SD Plus Mutiara Ilmu Pandaan dan SD Islam Az Zahra Beji, (3) Bagaimana evaluasi pembelajaran proyek berbasis proyek di SD Plus Mutiara Ilmu Pandaan dan Sd Islam Az Zahra, (4) Bagaiamana implikasi pembelajaran proyek berbasis kurikulum merdeka belajar di SD Plus Mutiara Ilmu Pandaan dan SD Islam Az Zahra Beji. Tujuan mendeskripsikan adalah untuk mengetahui pengelolaan pembelajaran proyek berbasis kurikulum merdeka belajar dalam membentuk karakter pelajar pancasila. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif jenis penelitian studi multisitus yang dilakukan si SD Plus Mutiara Ilmu Pandaan dan SD Islam Az Zahra Beji. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Perencanaan pembelajaran proyek berbasis kurikulum merdeka belajar dilaksanakan dengan melibatkan peserta didik. Tahapan perencanaan pembelajarn proyek diantaranya yaitu membentuk tim proyek, menentukan tema dan judul proyek, menentukan alokasi waktu, dan menyusun modul. (2) pelaksanaan pembelajaran proyek berbasis kurikulum merdeka terdapat bebrapa langkah diantaranya yaitu tahap sosialisasi atau pengenalan yaitu mengenalkan pembelajaran proyek yang akan dilaksanakan, tahap kontekstual mengaitkan pembelajaran dengan kehidupan sehari hari dan isu di lingkungan peserta didik, tahap aksi nyata yaitu melaksanakan tugas proyek, tahap refleksi atau evaluasi. (3) evaluasi pembelajaran proyek berbasis kurikulum merdea belajar dilaksanakan dengan melakukan refleksi dan menggunakan penilaian proyek dan juga penilaian sikap dengan metode observasi.(4) implikasi pembelajaran proyek berbasis kurikulum merdeka belajar yaitu mulai berkembang dan terbentuk karakter pelajar pancasila diantaranya adalah karakter beeriman dan bertaqwa dan berakhlak mulia, berkebinekaan global, bernalar kritis, kreatif, bergotong royong dan mandiri.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan Islam
Pendidikan > Pendidikan Karakter
Divisions: Pascasarjana > Thesis > PGMI
Depositing User: 12850521024 NUR AININ WULANDARI
Date Deposited: 30 Apr 2024 04:01
Last Modified: 30 Apr 2024 04:02
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/45612

Available Versions of this Item

  • PENGELOLAAN PEMBELAJARAN PROYEK BERBASIS KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DALAM MEMBENTUK KARAKTER PELAJAR PANCASILA (Studi Multisitus di SD Plus Mutiara Ilmu Pandaan dan SD Islam Az Zahra Beji). (deposited 30 Apr 2024 04:01) [Currently Displayed]

Actions (login required)

View Item View Item