NISWATUL FITRIA, 12850521022 (2023) PENGEMBANGAN E-MODUL UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS V MI MIFTAHUL HUDA JATISARI KADEMANGAN BLITAR. [ Thesis ]
|
Text
COVER.pdf Download (443kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (232kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (184kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (326kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (711kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (355kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (248kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (217kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Tesis dengan judul “Pengembangan E-Modul Untuk Meningkatkan Kompetensi Siswa Pada Pembelajaran IPA Kelas V MI Miftahul Huda Jatisari Kademangan Blitar” ini ditulis oleh Niswatul Fitria, NIM. 12850521022 dengan dosen pembimbing Prof. Ahmad Tanzeh, M. Pd.I dan Dr. Adi Wijayanto, M. Pd. Kata Kunci : Pengembangan, E-Modul, Kompetensi,IPA Tujuan penelitian dan pengembangan ini yaitu : 1) Mendeskripsikan desain e-modul untuk meningkatkan kompetensi siswa pada pembelajaran IPA siswa kelas V MI Miftahul Huda Jatisari Kademangan Blitar. 2) Mendeskripsikan implementasi e-modul untuk meningkatkan kompetensi siswa pada pembelajaran IPA siswa kelas V MI Miftahul Huda Jatisari Kademangan Blitar. 3) Mendeskripsikan efektivitas emodul untuk meningkatkan kompetensi siswa pada pembelajaran IPA siswa kelas V MI Miftahul Huda Jatisari Kademangan Blitar Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah Research and Development, yang merupakan adaptasi dari model Borg and Gall. Penelitian ini disederhanakan menjadi 8 langkah yang berdasarkan pada hasil Sugiyono. Adapun 8 langkah dalam penelitian ini yaitu penelitian dan pengumpulan data, perencanaan, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba kelompok kecil, revisi uji coba kelompok kecil, uji coba kelompok besar. Hasil penelitian dan pengembangan ini adalah (1) Produk yang dihasilkan berupa e-modul pembelajaran IPA berisi cover sebagai sampul depan, kata pengantar, petunjuk penggunaan, daftar isi, tentang buku digital, tips belajar menyenangkan, motivasi belajar, tujuan pembelajaran, kuis pretest, materi dan video pembelajaran, kuis post test serta daftar rujukan dan profil pengembang. (2) Implementasi e-modul pembelajaran IPA berbentuk digital efektivitas e-modul di kelas V ini berjalan dengan mudah lancar. Hal ini dibuktikan peserta didik merasa senang dan semangat belajar dan peneliti mendapati kelebihan dari pengembangan e-modul berbasis book creator. (3) Hasil uji efektivitas produk pembelajaran IPA menggunakan uji Independent Sample T-Test yang diperoleh sig. (2-tailed) 0,000 yang artinya < 0,005. Hal itu menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan dengan adanya e-modul pembelajaran IPA. Hasil ini menunjukkan bahwa e-modul pembelajaran IPA layak untuk digunakan dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas V di MI Miftahul Huda Jatisari Kademangan Blitar.
Item Type: | Thesis (UNSPECIFIED) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Peserta Didik |
Divisions: | Pascasarjana > Thesis > PGMI |
Depositing User: | 12850521022 NISWATUL FITRIA |
Date Deposited: | 06 May 2024 07:27 |
Last Modified: | 06 May 2024 07:27 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/45632 |
Actions (login required)
View Item |