STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN NILAI-NILAI KEAGAMAAN UNTUK MENGUATKAN PROFIL PELAJAR PANCASILA PADA PESERTA DIDIK DI MIN 2 BLITAR

NURUL HAFIZAH, 12205193232 (2023) STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN NILAI-NILAI KEAGAMAAN UNTUK MENGUATKAN PROFIL PELAJAR PANCASILA PADA PESERTA DIDIK DI MIN 2 BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (413kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT.pdf

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (127kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (178kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (109kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (641kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (168kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (74kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (191kB) | Preview

Abstract

Nurul Hafizah, 2023. Strategi Guru Dalam Meningkatkan Nilai-Nilai Keagamaan Untuk Menguatkan Profil Pelajar Pancasila di MIN 2 Blitar. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, pembimbing Skripsi: Rohmah Ivantri, M.Pd. Kata Kunci: Strategi Guru, Nilai-Nilai Keagamaan, Profil Pelajar Pancasila Nilai-nilai keagamaan sangat penting direalisasikan dalam kehidupan nyata. Nilai-nilai keagamaan dapat mempengaruhi bentuk sikap dan perilaku seseorang. Pemberian Pendidikan agama juga menjadikan peserta didik memiliki iman yang kuat serta memiliki moral dan budi pekerti yang baik yang dapat dijadikan sebagai pedoman atau pegangan hidup agar memiliki arah untuk masa depan yang baik. Profil Pancasila dicirikan oleh kesetiaan, ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, berbudi pekerti luhur, kebhinnekaan global, gotong royong, kemandirian, penalaran kritis, dan kreativitas. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mendeskripsikan bagaimana perencanaan guru dalam meningkatkan nilai-nilai keagaman untuk menguatkan profil pelajar Pancasila pada peserta didik kelas 4 di MIN 2 Blitar. (2) mendeskripsikan bagaimana pelaksanaan dalam menigkatkan nilai-nilai keagamaan untuk menguatkan profil pelajar Pancasila pada peserta didik kelas 4 di MIN 2 Blitar. (3) mendeskripsikan bagaimana evaluasi guru dalam meningkatkan nilai-nilai keagamaan untuk menguatkan profil pelajar Pancasila pada peserta didik kelas 4 di MIN 2 Blitar. Pendekatakan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Lokasi ini terletak di MIN 2 Blitar. Data yang peneliti dapatkan adalah dari kepala madrasaha, wali kelas IV, dan siswa. Metode yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Paparan dan analisis data yang digunakan dengan kondensasi data, penyajian data, verifikasi (menarik kesimpulan). Prosedur penelitian dilakukan dengan tahap pra lapangan, tahap kegiatan lapangan, tahap analisis data, dan tahap penyelesaian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) perencanaan guru dalam menanamkan nilai-nilai keagamaan untuk menguatkan profil pelajar guru harus menyiapkan perangkat, sarana dan prasarana guna menunjang berlangsungnya kegiatan keagamaan. Dengan adanya perangkat, sarana dan prasarana dapat menggugah semangat peserta didik untuk lebih giat dalam melaksanakan kegiatan keagamaan dan menggugah semangat peserta didik dalam merubah moral yang berakhlakul karimah. (2) Pelaksanaan guru dalam meningkatkan nilai-nilai keagamaan untuk menguatkan profil pelajar Pancasila adalah dengan cara menjadwal kegiatan keagamaan, menerapkan profil pelajar Pancasila, memberikan perangkat pendukung kepada peserta didik,memberikan motivasi kepada peserta didik. (3) Evaluasi strategi guru dalam menanamkan nilai-nilai keagamaan untuk menguatkan profil pelajar Pancasila dengan cara mengidenfikasi penyebab peserta didik tidak mengikuti kegiatan keagamaan, memberikan motivasi, serta membicarakan kendala yang ada kepada orang tua murid.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205193232 NURUL HAFIZAH
Date Deposited: 02 May 2024 04:30
Last Modified: 02 May 2024 04:30
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/45639

Actions (login required)

View Item View Item