PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS (SCIENCE, ENVIRONMENT, TECHNOLOGY, SOCIETY) SETS UNTUK KELAS XI IPA MA SUNAN KALIJOGO PADA MATERI ASAM BASA

INDRI NUR ALIFFIA, 12212193109 (2023) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS (SCIENCE, ENVIRONMENT, TECHNOLOGY, SOCIETY) SETS UNTUK KELAS XI IPA MA SUNAN KALIJOGO PADA MATERI ASAM BASA. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (764kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (560kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (304kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (617kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (608kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (680kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (232kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (355kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengembangan E-Modul Berbasis (Science, Environment, Technology, Society) SETS Untuk Kelas XI IPA MA Sunan Kalijogo Pada Materi Asam Basa” ini ditulis oleh Indri Nur Alifia, NIM. 12212193109, pembimbing Tutik Sri Wahyuni, M.Pd. Kata Kunci : Pengembangan E-Modul, SETS, asam basa Penelitian ini didasarkan pada kurangnya sumber belajar yang sesuai dengan kebutuhan guru dan siswa. Seperti di MA Sunan Kalijogo yang masih menyediakan sumber belajar dalam bentuk teks dengan isi yang hampir keseluruhan adalah bacaan. Hal tersebut membuat siswa menjadi kurang tertarik untuk membaca dan mempelajarinya terutama pada mata pelajaran kimia khususnya pada materi asam basa. Upaya untuk mengatasi hal tersebut yaitu dengan mengembangkan suatu sumber belajar berupa modul elektronik yang dapat merealisasikan tujuan pembelajaran kimia yang dikaitkan dengan fenomena dalam kehidupan sehari-hari berbasis Science, Environment, Technology, Society. Oleh karena itu diperlukan penelitian pengembangan sumber belajar berupa E-Modul berbasis SETS pada materi asam basa. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Untuk mendeskripsikan proses pengembangan E-Modul kimia berbasis SETS pada materi asam basa, 2) Untuk mendeskripsikan kevalidan E-Modul kimia berbasis SETS pada materi asam basa, 3) Untuk mendeskripsikan respon siswa terhadap E-Modul kimia berbasis SETS pada materi asam basa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model pengembangan 4D yang dimodifikasi menjadi 3D dengan tiga tahapan yaitu Define (pendefinisian), Design (perancangan), dan Development (pengembangan). Instrumen penelitian yang digunakan yaitu pedoman wawancara, angket kebutuhan siswa, lembar validasi ahli, dan angket respon siswa. Uji validitas dilakukan oleh Dosen Tadris Kimia UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung dan Guru Kimia sebagai ahli materi dan ahli media. Sedangkan untuk subjek uji coba yaitu siswa kelas XI IPA 1 MA Sunan Kalijogo Mojo sebanyak 20 orang. Data yang diperoleh dianalisis dengan metode analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil dari penelitian ini yaitu (1) E-Modul berbasis SETS pada materi asam basa yang dikembangkan sesuai dengan proses pengembangan 3D, (2) Hasil validasi oleh ahli materi diperoleh persentase rata-rata sebesar 87,5% dengan kategori sangat valid. Dari hasil validasi ahli media diperoeh persentase rata-rata sebesar 90,6% dengan kategori sangat valid. (3) Respon siswa terhadap E-Modul berbasis SETS pada materi asam basa mendapatkan rata-rata keseluruhan aspek yang meliputi aspek ketepatan dan kecermatan isi, kemudahan mempelajari isi modul, pembelajaran berbasis SETS, penggunaan bahasa dan istilah, tampilan, serta ilustrasi dan gambar sebesar 87,0% dengan kriteria sangat baik.

Item Type: Skripsi
Subjects: Kimia
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Kimia
Depositing User: 12212193109 INDRI NUR ALIFFIA
Date Deposited: 10 May 2024 04:01
Last Modified: 10 May 2024 04:01
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/45845

Actions (login required)

View Item View Item