IMAM ZAINUDIN, 2814123090 (2017) PENGARUH PENGGUNAAN ALAT PERAGA KERTAS LIPAT DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEPTUAL DAN HASIL BELAJAR BANGUN RUANG SISI DATAR SISWA KELAS VIII SMP ISLAM PANGGUL TRENGGALEK TAHUN AJARAN 2015/2016. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (196kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (261kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (942kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (889kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (139kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Imam, Zainudin. 2814123090. Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Kertas Lipat dalam Meningkatkan Pemahaman Konseptual dan Hasil Belajar Bangun Ruang Sisi Datar Siswa Kelas VIII SMP Islam Panggul Trenggalek. Skripsi, Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, Program Strata Satu IAIN Tulungagung yang dibimbing oleh Miswanto, M.Pd. Kata kunci: Alat Peraga, Pemahaman Konseptual, Hasil Belajar, Bangun Ruang Sisi Datar Saat ini banyak siswa yang kesulitan dalam memahami konsep bangun ruang sisi datar, bahkan guru merasa kesulitan dalam memahamkan siswa tentang konsep bangun ruang sisi datar. Alat peraga kertas lipat dapat memberikan warna dan suasana yang baru dalam pembelajaran di kelas sehinggga pemahaman konsep dan hasil belajar siswa dapat meningkat. Untuk melaksanakan penelitian tersebut, dipilih siswa kelas VIII SMP Islam Panggul Trenggalek sebagai sampel penelitian. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan alat peraga kertas lipat dalam meningkatkan pemahaman konseptual bangun ruang sisi datar siswa kelas VIII SMP Islam Panggul Trenggalek. Untuk mengetahui pengaruh penggunaan alat peraga kertas lipat dalam meningkatkan hasil belajar bangun ruang sisi datar siswa kelas VIII SMP Islam Panggul Trenggalek. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Sebelum mengumpulkan data, kedua kelas tersebut diuji homogenitas dan didapatkan kesimpulan bahwa kedua kelas tersebut homogen. Setelah uji homogenitas untuk siswa selanjutnya uji validitas dan reliabilitas untuk soal tes yang dapat disimpulkan soal tes valid serta reliabel, dan dapat digunakan untuk mengumpulkan data. Data yang telah terkumpul diuji terlebih dahulu menggunakan uji normalitas. Berdasarkan uji normalitas dan homogenitas dari hasil post test kedua kelas tersebut diperoleh kesimpulan bahwa data kedua sampel berdistribusi normal dan homogen. Sehingga dapat dilanjutkan untuk pengujian hipotesis menggunakan t-test. Setelah dilakukan uji t-test dapat diperoleh kesimpulan bahwa ada pengaruh penggunaan alat peraga kertas lipat dalam meningkatkan pemahaman konseptual bangun ruang sisi datar siswa kelas VIII SMP Islam Panggul Trenggalek, selain itu didapatkan kesimpulan bahwa ada pengaruh penggunaan alat peraga kertas lipat dalam meningkatkan hasil belajar bangun ruang sisi datar siswa kelas VIII SMP Islam Panggul Trenggalek.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 2814123090 IMAM ZAINUDIN |
Date Deposited: | 12 Jan 2017 06:38 |
Last Modified: | 12 Jan 2017 06:38 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/4587 |
Actions (login required)
View Item |