IMPLEMENTASI MANAJEMEN RISIKO PEMBIAYAAN MURABAHAH DALAM UPAYA PENYELESAIAN PEMBIAYAAN BERMASALAH PADA PT. PERMODALAN NASIONAL MADANI (Studi Kasus pada PT. Permodalan Nasional Madani Mekaar Syariah Unit Kademangan Blitar)

FEBI HELIANA PUTRI, 12403193015 (2023) IMPLEMENTASI MANAJEMEN RISIKO PEMBIAYAAN MURABAHAH DALAM UPAYA PENYELESAIAN PEMBIAYAAN BERMASALAH PADA PT. PERMODALAN NASIONAL MADANI (Studi Kasus pada PT. Permodalan Nasional Madani Mekaar Syariah Unit Kademangan Blitar). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (151kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (34kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (158kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (288kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (94kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (388kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (91kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (29kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (153kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Implementasi Manajemen Risiko Pembiayaan Murabahah dalam Upaya Penyelesaian Pembiayaan Bermasalah (Studi Kasus pada PT Permodalan Nasional Madani Mekaar Syariah Unit Kademangan Blitar)” ini ditulis oleh Febi Heliana Putri, NIM. 12403193015, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, pembimbing Dr. Rokhmat Subagiyo, M.E.I. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perkembangan lembaga keuangan saat ini khususnya lembaga keuangan mikro syariah seperti PT Permodalan Nasional Madani walaupun mengalami perkembangan yang pesat sering kali terganjal dengan masalah- masalah klasik seperti lemahnya pengawasan dan juga kurang terlaksananya manajemen risiko dalam lembaga keuangan tersebut. Masalah-masalah ini merupakan potensi risiko yang teridentifikasi dan seharusnya dari permasalahan inilah perlu dilakukannya mitigasi risiko dan pengendalian demi tercapainya tujuan perusahaan. Selanjutnya, bagi PT PNM yang bergerak pada bidang pembiayaan UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah) merupakan industri jasa keuangan yang sangat berisiko. Oleh sebab itu, perlu dilakukan penerapan manajemen risiko secara maksimal. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana bentuk implementasi manajemen risiko pembiayaan murabahah serta bagaimana strategi dalam menyelesaikan pembiayaan bermasalah pada PT PNM Mekaar Syariah Unit Kademangan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan analisis deskriptif dan bersifat riset lapangan serta dilakukan dalam keadaan yang sebenarnya. Data dan informasi dalam penelitian ini diperoleh dari hasil wawancara dengan Kepala Unit, SAO, AO, FAO dan nasabah PT Permodalan Nasional Madani Mekaar Syariah Unit Kademangan serta juga dilakukan melalui proses dokumentasi, observasi, dan studi pustaka. Pengolahan data dilakukan dilkukan dengan langkah reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan data dan verifikasi. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah PT Permodalan Nasional Madani Mekaar Syariah Unit Kademangan menerapkan manajemen risiko dengan langkah identifikasi risiko, pengukuran risiko, pemantauan risiko dan pengendalian risiko dengan mengacu pada prinsip GCG (Good Corporate Governance). Hal ini telah disesuaikan dengan beberapa faktor-faktor yang mendasari ataupun fenomena-fenomena yang terjadi di unit mekaar pada saat itu baik faktor internal maupun faktor eksternal, seperti pencapaian target, tingkat turnover Sumber Daya Manusia, kolektibilitas nasabah dan sebagainya. Bentuk strategi yang ditempuh PT PNM Mekaar dalam upaya menyelesaikan pembiayaan murabahah yang bermasalah adalah dengan memaksimalkan pengawasan internal baik itu secara proses dan operasional, menjalin hubungan yang baik dengan nasabah dan memaksimalkan edukasi bagi pegawai internal PNM Mekaar terkait pentingnya sikap transparansi dalam menjalankan tupoksi sesuai dengan jobdesk nya. Kata kunci : lembaga keuangan mikro syariah, UMKM, manajemen risiko, murabahah dan pembiayaan bermasalah.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Akuntansi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Akutansi Syariah
Depositing User: 12403193015 FEBI HELIANA PUTRI
Date Deposited: 15 May 2024 03:37
Last Modified: 15 May 2024 03:37
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/45973

Actions (login required)

View Item View Item