Pengembangan Modul Terintegrasi Konteks Islam Materi Bangun Ruang Sisi Datar untuk Meningkatkan Hasil Belajar di SMP Queen Al Falah Mojo Kediri

RENI AGUSTIANI, 12851221018 (2023) Pengembangan Modul Terintegrasi Konteks Islam Materi Bangun Ruang Sisi Datar untuk Meningkatkan Hasil Belajar di SMP Queen Al Falah Mojo Kediri. [ Thesis ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (558kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (580kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (271kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (264kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (458kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (351kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (162kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (233kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian dan pengembangan ini dilatarbelakangi oleh kurangnya penyesuaian bahan ajar yang digunakan dalam pembelajaran dengan peserta didik yang pada dasarnya seorang santri. Bahan ajar yang digunakan kurang menarik minat belajar peserta didik sehingga mengakibatkan hasil belajar yang cukup rendah. Dengan sudut pandang seorang santri yang dominan pada pendidikan agama dan tidak menyorot pendidikan formal terutama pada pembelajaran umum salah satunya matematika. Matematika merupakan pelajaran yang sulit bagi sebagian besar peseta didik tingkat menengah, akan tetapi kurikulum pendidikan tidak bisa terlepas dari mata pelajaran matematika, selain itu dalam pelaksanaannya pendidikan umum seperti matematika masih belum terintegrasi dengan pendidikan agama. Oleh karena itu, dengan adanya bahan ajar matematika terintegrasi konteks islam membantu peserta didik dalam memahami konsep, dan meningkatkan minat belajar peserta didik. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan proses pengembangan modul terintegrasi konteks islam pada materi bangun ruang sisi datar (2) mendeskripsikan kevalidan, kepraktisan serta keefektifan modul terintegrasi konteks islam pada materi bangun ruang sisi datar untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Metode penelitian ini adalah Research and Development (R&D), dengan model pengembangan ADDIE, yang mempunyai lima tahapan yakni 1) analisis, 2) desain, 3) pengembangan 4) implementasi dan 5) evaluasi. Subjek penelitian produk adalah peserta didik kelas VIII di SMP Queen Al Falah. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket validasi, lembar observasi guru dan peserta didik, angket respon guru dan peserta didik serta nilai post test. Teknik analisis yang digunakan yaitu analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa (1) proses pengembangan modul terintegrasi konteks islam pada materi bangun ruang sisi datar menghasilkan produk bahan ajar cetak berupa buku terintegrasi konteks islam, (2) produk pengembangan terbukti sangat layak dari pesertase aspek materi sebesar 83,3% dan aspek media sebesar 87%. Uji respon peserta didik dengan skala kecil mendapatkan persentase 85%, skala besar dengan persentase 82%. Produk modul terintegrasi konteks islam terbukti efektif meningkatkan hasil belajar peserta didik. Hasilnya menunjukkan bahwa ketuntasan hasil belajar peserta didik mencapai 83% dengan peningkatan rearata hasil belajar sebesar 5,4 poin.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Matematika
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Tadris Matematika
Depositing User: 12851221018 RENI AGUSTIANI
Date Deposited: 17 May 2024 03:43
Last Modified: 17 May 2024 03:43
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/46032

Actions (login required)

View Item View Item