MANAJEMEN KURIKULUM MADRASAH BERBASIS PESANTREN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN DI MANPK 4 DENANYAR JOMBANG

SISKA NOR ELIZA, 12207193117 (2023) MANAJEMEN KURIKULUM MADRASAH BERBASIS PESANTREN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN DI MANPK 4 DENANYAR JOMBANG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (240kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (213kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (281kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (360kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (157kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (209kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (17kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (252kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Manajemen Kurikulum Madrasah Berbasis Pesantren Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Di Manpk 4 Denanyar Jombang. Pembahasan kurikulum pendidikan di suatu madrasah sangatlah luas dan terperinci, mengingat bahwa kurikulum merupakan semua pengalaman yang diberikan madrasah kepada peserta didik dibawah pengawasan dan pengaturan madrasah, dengan kapasitas waktu berlaku dari peserta didik tersebut masuk hingga lulus. Cakupan kurikulum meliputi tenaga pendidik, peserta didik, materi, bahan ajar, uang, dan lingkungan dengan aktifitas perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan atau evaluasi. Kurikulum manajemen berbasis pesantren memiliki ruang lingkup kajian islam seperti halnya mengaji berbagai kitab yang telah diitentukan oleh lembaga terkait seperti halnya mengaji kitab kuining sudah ditrapkan oleh lembaga pendidikan pesantren. Di Madrasah Aliyah Progam Keagamaan 4 Denanyar Jombang memiliki dua program yaitu mengikuti pembelajaran sekolah pagi yang dilakanakan di sekolahan seperdi pada umumnya dan program keagamaa yang dilaksanakan di Ma’had. Fokus penelitian skripsi ini meliputi (1) Bagaimana perencanaan kurikulum pada madrasah berbasis pesantren dalam upaya peningkatkan kualitas pendidikan di Madrasah Aliyah Progam Keagamaan MAN 4 Denanyar Jombang? (2) Bagaimana pelaksanaan kurikulum pada madrasah berbasis pesantren dalam upaya peningkatkan kualitas pendidikan di Madrasah Aliyah Progam Keagamaan MAN 4 Denanyar Jombang? (3) Bagaimana evaluasi kurikulum pada madrasah berbasis pesantren dalam upaya peningkatkan kualitas pendidikan di Madrasah Aliyah Progam Keagamaan MAN 4 Denanyar Jombang? Penelitian ini bertujuan untuk mengugkap manajemen kurikulum pada Madrasah Berbasis Pesantren Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Pendidikan (Studi Kasus di Madrasah Aliyah progam keagaman denanyar jombang ). Penelitian ini menggunakan metode kualitatif pendekatan studi kasus. Subjek penelitian terdiri dari kepala madrasah, wakil kepala madrasah program keagamaan, pembina asrama, dan guru. Objek penelitian: kegiatan pembelajaran, kegiatan asrama, dan kondisi sekolah. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, pengamatan, dan analisis dokumen. Instrumen penelitian adalah peneliti dan pedoman wawancara, observasi dan analisis dokumen. Keabsahan data dilakukan dengan uji credibilty, transferability, dependability, dan confirmability.xi Penelitian ini menggunakan metode kualitatif pendekatan studi kasus. Subjek penelitian terdiri dari kepala madrasah, wakil kepala madrasah program keagamaan, pembina asrama, dan guru. Objek penelitian: kegiatan pembelajaran, kegiatan asrama, dan kondisi sekolah. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, pengamatan, dan analisis dokumen. Instrumen penelitian adalah peneliti dan pedoman wawancara, observasi dan analisis dokumen. Keabsahan data dilakukan dengan uji credibilty, transferability, dependability, dan confirmability. Hasil penelitian ini adalah data yang ditemukan dalam manajemen kurikulum mencakup kegiatan berdasarkan teori George. R. Terry meliputi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan evaluasi. (1) Perencanaan kurikulum didasarkan pada visi, misi, tujuan dan konsep pendidikan yang telah ada sebelumnya. (2) pengorganisasian dibasarkan pada pengelompokan berdasarkan kebutuhan sesuai visi, misi, tujuan dan konsep pendidikan. (3) Pelaksanaan kurikulum sesuai dengan penerapan konsep pendidikan dan penerapan semua mata pelajaran berdasarkan trilogi kurikulum. (4) evaluasi dilaksanakan ujian harian PR, PTS, PAS, dan remidi semua evaluasi dilaksanakan sesuai dengan mata pelajaran, jika mata pelajaran kitab kuning maka dengan ujian di Ma’had, yang di laksanakan secara lisan dan tulis jika mata pelajaran bahasa maka dengan praktik dan ujian teori.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pembelajaran
Pendidikan
Manajemen > Pendidikan Islam
Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 12207193117 SISKA NOR ELIZA
Date Deposited: 22 May 2024 09:25
Last Modified: 22 May 2024 09:25
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/46069

Actions (login required)

View Item View Item