ZULFA LUTHFIYAH, 126204201038 (2024) KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH TEOREMA PYTHAGORAS DITINJAU DARI GAYA BELAJAR DI SMPN 2 SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (498kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (387kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (217kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (312kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (140kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (204kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (60kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (194kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Luthfiyah, Zulfa. 2024. Kemampuan Literasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Teorema Pythagoras ditinjau dari Gaya Belajar di SMPN 2 Sumbergempol Tulungagung. Skripsi, Program Studi Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Skripsi: Dr. Ummu Sholihah, S.Pd., M.Si. Kemampuan literasi matematis merupakan kemampuan yang menunjang tercapainya tujuan pembelajaran. Kemampuan Literasi matematis merupakan kemampuan individu untuk merumuskan, menggunakan, dan menafsirkan matematika dalam berbagai konteks. Rendahnya kemampuan literasi matematis siswa dipengaruhi oleh beberapa faktor salah satunya yaitu gaya belajar. Gaya Belajar adalah cara yang konsisten yang dilakukan oleh seorang siswa dalam menangkap stimulus atau informasi, cara mengingat, berfikir, dan memecahkan soal. Adapun tipe gaya belajar secara umum yaitu gaya belajar visual, gaya belajar auditorial, dan gaya belajar kinestetik. Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mendeskripsikan kemampuan literasi matematis siswa dengan gaya belajar visual dalam menyelesaikan masalah pada teorema pythagoras. (2) untuk mendeskripsikan kemampuan literasi matematis siswa dengan gaya belajar auditori dalam menyelesaikan masalah pada teorema pythagoras. (3) mendeskripsikan kemampuan literasi matematis siswa dengan gaya belajar kinestetik dalam menyelesaikan masalah pada teorema pythagoras. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Lokasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah SMPN 2 Sumbergempol Tulungagung. Subjek penelitian ini terdiri dari 2 siswa yang memiliki gaya belajar visual, 2 siswa yang memiliki gaya belajar auditorial dan 2 siswa yang memiliki gaya belajar kinestetik. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, angket, tes, wawancara, dan dokumentasi. Teknik Analisis data yang digunakan yakni reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan melalui ketekunan pengamat dan triangulasi sumber data. Hasil dari penelitian ini: 1) Kemampuan literasi matematis siswa dengan gaya belajar visual dalam menyelesaikan masalah teorema pythagoras berada pada proses formulate, employ, dan interprete. 2) Kemampuan literasi matematis siswa dengan gaya belajar auditorial dalam menyelesaikan masalah teorema pythagoras berada pada proses formulate dan employ. 3) Kemampuan literasi matematis siswa dengan gaya belajar kinestetik dalam menyelesaikan masalah teorema pythagoras berada pada proses formulate dan employ. Dalam penelitian ini terdapat beberapa aspek yang belum dianalisis sepenuhnya yaitu tentang siswa yang memiliki gaya belajar lebih dari satu. Oleh karena itu, hendaknya peneliti selanjutnya melakukan analisis lebih lanjut terhadap aspek-aspek yang belum ditelaah dalam penelitian ini. Analisis tambahan dapat memberikan wawasan yang lebih lengkap tentang fenomena yang diteliti, serta membuka peluang penemuan baru yang signifikan dalam bidang ini.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 126204201038 ZULFA LUTHFIYAH |
Date Deposited: | 22 May 2024 09:36 |
Last Modified: | 22 May 2024 09:36 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/46159 |
Actions (login required)
View Item |