KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH TEOREMA PYTHAGORAS DITINJAU DARI GAYA BELAJAR DI SMPN 2 SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG

ZULFA LUTHFIYAH, 126204201038 (2024) KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH TEOREMA PYTHAGORAS DITINJAU DARI GAYA BELAJAR DI SMPN 2 SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (498kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (387kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (217kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (312kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (140kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (204kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (60kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (194kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Luthfiyah, Zulfa. 2024. Kemampuan Literasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Teorema Pythagoras ditinjau dari Gaya Belajar di SMPN 2 Sumbergempol Tulungagung. Skripsi, Program Studi Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Skripsi: Dr. Ummu Sholihah, S.Pd., M.Si. Kemampuan literasi matematis merupakan kemampuan yang menunjang tercapainya tujuan pembelajaran. Kemampuan Literasi matematis merupakan kemampuan individu untuk merumuskan, menggunakan, dan menafsirkan matematika dalam berbagai konteks. Rendahnya kemampuan literasi matematis siswa dipengaruhi oleh beberapa faktor salah satunya yaitu gaya belajar. Gaya Belajar adalah cara yang konsisten yang dilakukan oleh seorang siswa dalam menangkap stimulus atau informasi, cara mengingat, berfikir, dan memecahkan soal. Adapun tipe gaya belajar secara umum yaitu gaya belajar visual, gaya belajar auditorial, dan gaya belajar kinestetik. Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mendeskripsikan kemampuan literasi matematis siswa dengan gaya belajar visual dalam menyelesaikan masalah pada teorema pythagoras. (2) untuk mendeskripsikan kemampuan literasi matematis siswa dengan gaya belajar auditori dalam menyelesaikan masalah pada teorema pythagoras. (3) mendeskripsikan kemampuan literasi matematis siswa dengan gaya belajar kinestetik dalam menyelesaikan masalah pada teorema pythagoras. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Lokasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah SMPN 2 Sumbergempol Tulungagung. Subjek penelitian ini terdiri dari 2 siswa yang memiliki gaya belajar visual, 2 siswa yang memiliki gaya belajar auditorial dan 2 siswa yang memiliki gaya belajar kinestetik. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, angket, tes, wawancara, dan dokumentasi. Teknik Analisis data yang digunakan yakni reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan melalui ketekunan pengamat dan triangulasi sumber data. Hasil dari penelitian ini: 1) Kemampuan literasi matematis siswa dengan gaya belajar visual dalam menyelesaikan masalah teorema pythagoras berada pada proses formulate, employ, dan interprete. 2) Kemampuan literasi matematis siswa dengan gaya belajar auditorial dalam menyelesaikan masalah teorema pythagoras berada pada proses formulate dan employ. 3) Kemampuan literasi matematis siswa dengan gaya belajar kinestetik dalam menyelesaikan masalah teorema pythagoras berada pada proses formulate dan employ. Dalam penelitian ini terdapat beberapa aspek yang belum dianalisis sepenuhnya yaitu tentang siswa yang memiliki gaya belajar lebih dari satu. Oleh karena itu, hendaknya peneliti selanjutnya melakukan analisis lebih lanjut terhadap aspek-aspek yang belum ditelaah dalam penelitian ini. Analisis tambahan dapat memberikan wawasan yang lebih lengkap tentang fenomena yang diteliti, serta membuka peluang penemuan baru yang signifikan dalam bidang ini.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 126204201038 ZULFA LUTHFIYAH
Date Deposited: 22 May 2024 09:36
Last Modified: 22 May 2024 09:36
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/46159

Actions (login required)

View Item View Item