PERAN GURU AQIDAH AKHLAK DALAM MEMBENTUK AKHLAKUL KARIMAH SISWA MTsN 8 MADIUN

ISNAINI UMI KASANAH, 126201203256 (2024) PERAN GURU AQIDAH AKHLAK DALAM MEMBENTUK AKHLAKUL KARIMAH SISWA MTsN 8 MADIUN. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (872kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (305kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (626kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (990kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (527kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (620kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (321kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (450kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Peran Guru Aqidah Akhlak dalam Membentuk Akhlakul Karimah Siswa MTsN 8 Madiun” ini ditulis oleh Isnaini Umi Kasanah, NIM. 126201203256, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Skripsi: Dr. Hj. Indah Komsiyah, S.Ag., M.Pd Kata Kunci : Peran Guru, Aqidah Akhlak dan Akhlakul Karimah Akhlakul karimah merupakan sifat atau tingkah laku seseorang yang kemudian melahirkan berbagai macam perbuatan dan menjadi kebiasaan yang tidak membutuhkan pertimbangan dalam melakukannya dan dapat membawa nilai-nilai positif dan kondusif bagi kemaslahatan umat, seperti sabar, jujur, ikhlas, bersyukur, tawadu’ (rendah hati), suka menolong orang lain, husnudzon. Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana peran guru aqidah akhlak sebagai pendidik dalam membentuk akhlakul karimah siswa MTsN 8 Madiun? (2) Bagaimana peran guru aqidah akhlak sebagai motivator dalam membentuk akhlakul karimah siswa MTsN 8 Madiun? (3) Bagaimana peran guru aqidah akhlak sebagai fasilitator dalam membentuk akhlakul karimah siswa MTsN 8 Madiun?. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mendeskripsikan bagaimana peran guru aqidah akhlak sebagai pendidik dalam membentuk akhlakul karimah siswa MTsN 8 Madiun (2) mendeskripsikan bagaimana peran guru aqidah akhlak sebagai motivator dalam membentuk akhlakul karimah siswa MTsN 8 Madiun (3) mendeskripsikan bagaimana peran guru aqidah akhlak sebagai fasilitator dalam membentuk akhlakul karimah siswa MTsN 8 Madiun. Pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus, dengan lokasi di MTsN 8 Madiun. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Selanjutnya pengecekan keabsahan data adalah triangulasi, ketekunan pengamatan dan pengecekan sejawat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) Guru aqidah akhlak sebagai pendidik dalam membentuk akhlakul karimah siswa MTsN 8 Madiun yaitu dengan tindakan guru mengembangkan akhlak yang baik melalui pembiasaan untuk berdoa, membaca asmaul husna dan surat-surat pendek sebelum kegiatan belajar mengajar dimulai. (2) Guru aqidah akhlak sebagai motivator dalam membentuk akhlakul karimah siswa MTsN 8 Madiun yaitu dapat dilakukan dengan cerita yang menyangkut kehidupan sehari-hari, serta menceritakan kisah nabi Muhammad SAW. Dan para sahabatnya. (3) Guru aqidah akhlak sebagai fasilitator dalam membentuk akhlakul karimah siswa MTsN 8 Madiun yaitu Guru melakukan pendekatan kepada siswanya, untuk mengetahui karakter, sikap dan kebiasaan dan memberikan bimbingan pada siswa.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 126201203256 ISNAINI UMI KASANAH
Date Deposited: 27 May 2024 04:38
Last Modified: 27 May 2024 04:38
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/46212

Actions (login required)

View Item View Item