PROSES BERPIKIR REFRAKTIF SISWA MTS PERAIH JUARA OLIMPIADE MATEMATIKA DALAM MENYELESAIKAN SOAL HOTS (High Order Thinking Skill) DITINJAU TIPE KEPRIBADIAN

SITI LAILIATUL MUNAWAROH, 1880512220012 (2024) PROSES BERPIKIR REFRAKTIF SISWA MTS PERAIH JUARA OLIMPIADE MATEMATIKA DALAM MENYELESAIKAN SOAL HOTS (High Order Thinking Skill) DITINJAU TIPE KEPRIBADIAN. [ Thesis ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (316kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (247kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (568kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (516kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (295kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (408kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (243kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (259kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Tesis dengan judul “Proses Berpikir Refraktif Siswa Juara Olimpiade Matematika Dalam Menyelesaikan Soal HOTS (High Order Thinking Skill) Ditinjau Tipe Kepribadian” ini ditulis oleh Siti Lailiatul Munawaroh, NIM. 1880512220012, dengan Promotor Dra Hj.Umy Zahroh, M.Kes.,Ph.D., dan Dr. Musrikah, M.Pd. Kata Kunci : Berpikir Refraktif, Olimpiade, HOTS. Berpikir Refraktif adalah aktivitas berpikir tingkat tinggi, dimana menggabungkan berpikir reflektif dengan berpikir kritis untuk menemukan solusi suatu permasalahan. Berpikir refraktif merupakan kemampuan yang diperlukan dalam menyelesaikan soal HOTS. Karena berpikir refraktif termasuk kemampuan berpikir tingkat tinggi tentu saja siswa olimpiade sudah terbiasa dengan hal tersebut. Terdapat perbedaan proses berpikir refraktif antara siswa bertipe kepribadian intuition dan sensing. Hal yang sama terjadi pada juara olimpiade Matematika di Kabupaten Kediri. Terdapat 3 komponen dalam berpikir refraktif yaitu Identifikasi, Strategi dan Evaluasi yang setiap komponen terdapat indikator-indikator. Tujuan dari penelitian ini adalah 1). Mendeskripsikan proses berpikir refraktif siswa MTs peraih juara Olimpiade Matematika Se-Kabupaten Kediri tipe kepribadian intuition. 2) Mendeskripsikan proses berpikir refraktif siswa MTs peraih juara Olimpiade Matematika Se-Kabupaten Kediri tipe kepribadian sensing. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner tipe kepribadian, tes, wawancara, dan observasi. Subjek penelitian 1 siswa MTsN 5 Kediri berkepribadian intuition, 1 siswa MTsN 8 Kediri berkepribadian intuition dan 1 siswa MTsN 4 Kediri berkepribadian sensing. Analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian diketahui bahwa, 1) Proses berpikir siswa tipe kepribadian intuition dimulai dengan melalui komponen berpikir refraktif secara konsisten. Siswa intuition melalui indikator menafsirkan informasi, menghubungkan informasi untuk menemukan strategi, menemukan solusi alternatif, melaksanakan strategi yang telah dipilih, menentukan hasil penyelesaian dari solusi yang dipilih, dan melakukan pemeriksaan ulang secara lengkap. 2) Proses kognitif siswa tipe kepribadian sensing kurang sempurna dalam melalui komponen berpikir refraktif. Siswa sensing sering melakukan kesalahan pada indikator menafsirkan informasi, menghubungkan informasi, menemukan strategi dan menentukan hasil dari strategi yang dijalankan, kemudian pada indikator menemukan alternatif solusi siswa sensing sering hanya menemukan 1 solusi saja untuk soal. Siswa sensing menentukan kesimpulan jawaban, dan melakukan pemeriksaan ulang pada pengerjaannya.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Matematika > Geometri
Matematika
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Tadris Matematika
Depositing User: 1880512220012 SITI LAILIATUL MUNAWAROH
Date Deposited: 29 May 2024 04:34
Last Modified: 29 May 2024 04:34
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/46251

Actions (login required)

View Item View Item