ILMIYATUS SHAFA DAHLAN, 2817123079 (2017) PENERAPAN METODE CARD SORT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MERANGKAI HURUF DAN MEMBACA PERMULAAN MATA PELAJARAN BAHASA MELAYU PADA PESERTA DIDIK ANUBAN BAITUL ULAMA WAENG NARATHIWAT THAILAND. [ Skripsi ]
Text
BAGIAN AWAL.pdf Download (378kB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (214kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (422kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (350kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (556kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (26kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (111kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Metode Card Sort Untuk Meningkatkan Kemampuan Merangkai Huruf dan Membaca Permulaan Mata Pelajaran Bahasa Melayu Pada Peserta Didik Anuban 3 Baitul Ulama Waeng Narathiwat Thailand” ini ditulis oleh Ilmiyatus Shafa Dahlan, NIM. 2817123079, pembimbing Bapak Muhamad Zaini, M.A. Kata kunci: Card Sort, Merangkai Huruf, Membaca Permulaan Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fakta bahwa pembelajaran Bahasa Melayu di Baitul Ulama Waeng Narathiwat Thailand yang kemampuan merangkai huruf dan membaca permulaan peserta didik masih kurang. Dalam hal ini peneliti berusaha mengatasi permasalahan tersebut melalui penerapan metode Card Sort. Metode Card Sort dalam proses pembelajaran diharap dapat membantu pemahaman peserta didik dalam mata pelajaran Bahasa Melayu, sehingga kemampuan merangkai huruf dan membaca permulaan meningkat. Rumusan masalah dalam penelitian skripsi ini adalah (1) Bagaimana peningkatan kemampuan merangkai huruf mata pelajaran Bahasa Melayu materi macam-macam bentuk melalui melalui metode Card Sort pada peserta didik Anuban 3 Baitul Ulama Waeng Narathiwat Thailand? (2) Bagaimana peningkatan kemampuan membaca permulaan mata pelajaran Bahasa Melayu materi macam-macam bentuk melalui metode Card Sort pada peserta didik Anuban 3 Baitul Ulama Waeng Narathiwat Thailand?. Adapun yang menjadi tujuan peneliti ini adalah (1) Menjelaskan peningkatan kemampuan merangkai huruf mata pelajaran Bahasa Melayu materi macam-macam bentuk melalui metode Card Sort pada peserta didik Anuban 3 Baitul Ulama Waeng Narathiwat Thailand. (2) Mendeskripsikan peningkatan kemampuan membaca permulaan mata pelajaran Bahasa Melayu materi macam-macam bentuk melalui metode Card Sort peserta didik Anuban 3 Baitul Ulama Waeng Narathiwat Thailand. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Class Action Research) karena masalah yang dipecahkan berasal dari praktik pembelajaran di kelas sebagai upaya meningkatkan kemampuan merangkai huruf dan membaca permulaan peserta didik. Proses pelaksanaan tindakan kelas meliputi: (1) tahap perencanan (planing), (2) tahap pelaksanaan (act), (3) tahap observasi (observe), dan (4) tahap trefleksi (reflection). Sasaran penelitian ini adalah peserta didik kelas Anuban 3 Baitul Ulama Waeng Narthiwat Thailand yang terdiri atas 12 peserta didik laki-laki dan 11 peserta didik perempuan. Adapun teknik pengumpulan datanya mengunakan tes, wawancara, observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Tes digunakan untuk memperoleh data tentang hasil belajar Bahasa Melayu peserta didik kelas Anuban 3 Baitul Ulama Waeng Narathiwat Thailand. Sedangkan metode observasi, wawancara dan catatan lapangan digunakan untuk menggali data tentang proses pembelajaran Bahasa Melayu, respon peserta didik, keadaan peserta didik dan peneliti. Analisis data yang digunakan mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini apabila penguasaan materi peserta didik mencapai 75% dari tujuan yang seharusnya dicapai yaitu nilai KKM 65. Hasil Penelitian menunjukkan telah terjadi peningkatan kemampuan merangkai huruf peserta didik mata pelajaran Bahasa Melayu. Hal ini dapat dilihat dari hasil observasi merangkai huruf peserta didik pada siklus 1 dengan kriteria keberhasilan tindakan tergolong baik dengan prosentase rata-rata 72,30% dan pada siklus 2 kriteria keberhasilan tindakan meningkat menjadi baik sekali dengan prosentase rata-rata 90,30%. Dan telah terjadi peningkatan kemampuan membaca permulaan peserta didik mata pelajaran Bahasa Melayu. Hal ini dapat dilihat dari hasil evaluasi yang diberikan oleh peneliti yaitu pada tes awal (pre test) nilai rata-rata peserta didik 34,30 dengan prosentase ketuntasan 8%, dilanjutkan siklus I nilai rata-rata peserta didik hanya mencapai 64,52 dengan prosentase ketuntasan 39, 10% dan pada waktu siklus II nilai rata-rata peserta didik meningkat menjadi 83,91 dengan prosentase ketuntasan 100%, Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Card Sort dapat meningkatkan kemampuan merangkai huruf dan membaca permulaan peserta didik kelas Anuban 3 Baitul Ulama Waeng Narathiwat Thailand.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 2817123079 ILMIYATUS SHAFA DAHLAN |
Date Deposited: | 17 Jan 2017 04:20 |
Last Modified: | 17 Jan 2017 04:20 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/4637 |
Actions (login required)
View Item |