PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI KELAS X MA AL HIKMAH LANGKAPAN

BAYU AGUNG FIRMANSYAH, 126201203197 (2024) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI KELAS X MA AL HIKMAH LANGKAPAN. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (663kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (232kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (110kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (283kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (325kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (460kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (493kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (352kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (285kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (254kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Kelas X MA AL Hikmah Langkapan” yang di tulis oleh Bayu Agung Firmansyah , NIM. 126201203197, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN SATU Tulungagung, 2024. Kata Kunci: model problem based learning, motivasi dan hasil belajar. Mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam banyak dikenal sebagai mata pelajaran yang membosankan, karena hanya mendengarkan dan sekedar menghafal pristiwa dalam sejarah, hal ini menyebabkan rendahnya motivasi dan hasil belajar siswa. Oleh karena itu diperlukan model pembelajaran yang bervariatif agar motivasi dan hasil belajar siswa meningkat. Salah satu model yang dapat mengatasi masalah tersebut adalah model Problem Based Learning (PBL). Problem Based Learning adalah model pembelajaran dimana siswa dituntut aktif dalam menyelesaikan permasalahan. Melalui model pembelajaran ini diharapkan siswa dapat meningkatkan motivasi siswa yang akhirnya akan berpengaruh pada hasil belajar yang lebih baik. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Apakah ada pengaruh model pembelajaran PBL terhadap motivasi belajar siswa pada Sejarah Kebudayaan Islam di kelas X MA Al Hikmah Langkapan?. (2) Apakah ada pengaruh model Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di kelas X MA Al Hikmah Langkapan?. (3) Apakah ada pengaruh model pembelajaran Prolem Based Learnin terhadap hasil belajar dan motivasi siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di kelas X MA Al Hikmah Langkapan?. Penelitian ini bertujuan untuk 1). Mengetahui pengaruh model Problem Based Learning terhadap motivasi belajar pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di kelas X MA Al Hikmah Langkapan. 2). Mengetahui pengaruh model Problem Based Learning terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di kelas X MA Al Hikmah Langkapan. 3). Mengetahui pengaruh model Problem Based Learning terhadap motivasi dan hasil belajar pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di kelas X MA Al Hikmah Langkapan Penelitian ini menerapkan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasy eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MA Al Hikmah Langkapan. Sampel penelitian ini yakni kelas X A yang berjumlah 26 siswa, dan kelas X B yang juga berjumlah sebanyak 26 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket untuk mengetahui motivasi belajar dna soal pilihan ganda untuk mengetahui hasil belajar siswa Hasil penelitian yang dilakukan di MA Al Hikmah Langkapan menunjukkan bahwa 1). terdapat pengaruh model Problem Based Learning terhadap motivasi belajar siswa kelas X MA Al Hikmah Langkapan yang dibuktikan dengan nilai tingkat signifikansi 0,001< 0,05. 2). Tidak ada pengaruh model Problem Based Learning terhadap hasil belajar SKI siswa kelas X MA Al Hikmah Langkapan hal ini dibuktikan dengan nilai signifikansi 0.159 > 0,05. 3). Besar pengaruh model Problem Based Learning terhadap motivasi dan hasil belajar SKI siswa menunjukkan berpengaruh sedang hal ini dibuktikan dengan diperolehnya nilai N-gain skor sebesar 35.6194 dengan presentase 35,6% . sedangkan untuk pengaruh model Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa pada mapel SKI berpengaruh tinggi, hal ini ditunjukkan dengan diperoleh nilai N-Gain Skor sebesar 71.0623 dengan presentase 71% yang tergolong tinggi.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan
Penelitian Dosen
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 126201203197 BAYU AGUNG FIRMANSYAH
Date Deposited: 04 Jun 2024 03:14
Last Modified: 04 Jun 2024 03:14
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/46372

Actions (login required)

View Item View Item