PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN IPA DI MIN 4 TULUNGAGUNG

IRVA SABANA ASMI, 126205201018 (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN IPA DI MIN 4 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (821kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (208kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (104kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (241kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (191kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (305kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (363kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (168kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (138kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (241kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Asmi, Irva Sabana. 2024. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran IPA di MIN 4 Tulungagung. Skripsi, Progam Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Tulungagung, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Skripsi: Dr. Moh. Arif, M.Pd. Kata Kunci: Student Team Ahcievement Division (STAD), Motivasi, Hasil Belajar. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya motivasi dan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran IPA. Guru masih menggunakan model pembelajaran konvensional (ceramah) yang terkesan kurang menarik. Oleh karena itu, peneliti menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) yang diharapkan mampu meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik. Model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) merupakan model pembelajaran yang melibatkan partisipasi, keaktifan peserta didik, dan dapat membangkitkan peserta didik. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran IPA di MIN 4 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian Quasy Eksperimental. Teknik sampling yang digunakan adalah random sampling, di mana sampel yang diambil dari populasi dipilih secara acak dan memiliki kesempatan yang sama untuk dipilih tanpa memperhatikan kriteria-kriteria tertentu. Sampel yang digunakan adalah kelas 4A sebagai kelas eksperimen dan kelas 4B sebagai kelas control. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik tes, angket, dan dokumentasi. Uji prasyarat yang digunakan adalah uji normalitas dan uji homogenitas. Sedangkan uji hipotesis yang digunakan adalah uji T dan uji manova, dengan menggunakan IBM SPSS Statistic 25. Perolehan nilai rata-rata angket kelas eksperimen yaitu 44 dan kelas control 37. Sedangkan, rata-rata nilai posttest kelas eksperimen yaitu 88.5 dan kelas control 68. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) terhadap motivasi pada pembelajaran IPA di MIN 4 Tulungagung. Hal tersebut dilihat dari thitung ˃ ttabel yaitu 6.509 ˃ 2.074 dan Sig. (2-tailed) yaitu 0.000 ˂ 0.05, maka H0 ditolak dan Ha diterima. 2) Ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) terhadap hasil belajar peserta didik pada pembelajaran IPA di MIN 4 Tulungagung. Hal tersebut dilihat dari thitung ˃ ttabel yaitu 5.225 ˃ 2.074 dan Sig. (2-tailed) yaitu 0.000 ˂ 0.05, maka H0 ditolak dan Ha diterima. 3) Ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran IPA di MIN 4 Tulungagung. Hal tersebut dilihat dari Sig. (2-tailed) 0.000 ˂ 0.05 maka H0 ditolak dan Ha diterima.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 126205201018 IRVA SABANA ASMI
Date Deposited: 29 May 2024 08:42
Last Modified: 29 May 2024 08:42
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/46379

Actions (login required)

View Item View Item