PENERAPAN METODE UMMI DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MEMBACA AL-QUR’AN DI MI DARUL MUTA’ALLIMIN PATIANROWO NGANJUK

DITA AKHADIYA, 12205193246 (2023) PENERAPAN METODE UMMI DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MEMBACA AL-QUR’AN DI MI DARUL MUTA’ALLIMIN PATIANROWO NGANJUK. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (595kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (492kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (353kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (574kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (813kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (352kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (782kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (564kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (318kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (429kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Penerapan Metode Ummi dalam Meningkatkan Minat Belajar Membaca Al-Qur’an di MI Darul Muta’allimin Patianrowo Nganjuk” ini ditulis oleh Dita Akhadiya, NIM 12205193246, program studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Trabiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, pembimbing Dr. M. Afthon Ulin Nuha, M.Pd. Kata Kunci: Metode Ummi, Minat Belajar, Al-Qur’an Zaman sekarang penerapan minat belajar membaca Al-Qur’an rendah di tingkat SD/MI. Tetapi pada MI Darul Muta’allimin penerapan minat belajar membaca Al-Qur’an sangatlah tinggi. Maka dari itu peneliti bertujuan untuk mengetahui penerapan metode ummi dalam meningkatkan minat belajar membaca Al-Qur’an di MI Darul Muta’allimin Patianrowo Nganjuk. Fokus penelitian: (1) Bagaimana penerapan metode Ummi dalam meningkatkan minat belajar membaca Al-Qur’an peserta didik di MI Darul Muta’allimin Patianrowo Nganjuk? (2) Bagaimana faktor pendukung dan faktor penghambat penerapan metode Ummi dalam meningkatkan minat belajar membaca Al-Qur’an di MI Darul Muta’allimin Patianrowo Nganjuk? (3) Bagaimana evaluasi penerapan metode Ummi dalam meningkatkan minat belajar membaca Al-Qur’an di MI Darul Muta’allimin Patianrowo Nganjuk? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Dalam penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan kekuatan pengamatan, triangulasi, dan diskusi teman sejawat. Hasil penelitian ini adalah: (1) Penerapan metode Ummi dalam meningkatkan minat belajar membaca Al-Qur’an peserta didik di MI Darul Muta’allimin Patianrowo Nganjuk Muta’allimin sudah berjalan dengan baik, dilihat dari peserta didik merasa senang, peserta didik tertarik terhadap pembelajaran Al-Qur’an, peserta didik selalu memperhatikan guru saat proses pembelajara Al-Qur’an, serta keterlibatan peserta didik dalam proses pembelajaran Al-Qur’an. (2) Faktor pendukung penerapan metode Ummi dalam meningkatkan minat belajar membaca Al-Qur’an di MI Darul Muta’allimin Patianrowo Nganjuk meliputi; perasaan senang, teman sebaya, sarana dan prasarana, dan guru yang berkualitas. Faktor penghambat penerapan metode Ummi dalam meningkatkan minat belajar membaca Al-Qur’an di MI Darul Muta’allimin Patianrowo Nganjuk meliputi; IQ rendah dan kurangnya dukungan orang tua. (3) Evaluasi penerapan metode Ummi dalam meningkatkan minat belajar membaca Al-Qur’an di MI Darul Muta’allimin Patianrowo Nganjuk, evaluasi dilakukan oleh guru berupa supervisi dan peserta didik diadakan kelompok bengkel untuk peserta didik yang mempunyai keterlambatan dalam belajar membaca Al-Qur’an.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205193246 DITA AKHADIYA
Date Deposited: 30 May 2024 07:17
Last Modified: 30 May 2024 07:17
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/46394

Actions (login required)

View Item View Item