PENGARUH MODEL OPEN-ENDED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS XI MAN 2 BLITAR

TASYA NUR ZUHAELY, 126204202145 (2024) PENGARUH MODEL OPEN-ENDED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS XI MAN 2 BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (629kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (944kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (509kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (261kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (308kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (445kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (733kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (407kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (241kB)
[img] Text
LAMPIRAN LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Open-Ended Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis siswa kelas XI MAN 2 Blitar” ditulis oleh Tasya Nur Zuhaely NIM.126204202145, pembimbing Nani Sunarmi, S.Si., M.Sc. Kata Kunci: Model Open-Ended Learning, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis di Indonesia yang dilihat dari rendahnya prestasi Indonesia pada Programme for International Student Assesment (PISA) tahun 2018 yang berada di urutan 72 dari 77 negara dengan skor kemampuan matematis sebesar 379, dimana skor rata-ratanya 489. Hal ini disebabkan kegiatan pembelajaran yang dilakukan masih menggunakan model pembelajaran konvensional, dimana siswa menjadi pasif dan tidak memberikan siswa kesempatan untuk mengembangkan kemampuannya. Peserta didik mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal cerita, mengajukan pertanyaan, membuat langkah-langkah penyelesaian, serta menyelesaikan permasalahan yang diberikan. Tujuan penelitian ini adalah 1) Mengetahui pengaruh model open-ended learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas XI MAN 2 Blitar. 2) Mengetahui seberapa besar pengaruh model open-ended learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas XI MAN 2 Blitar. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian yaitu Quasi Experimental Design dengan kelas kontrol dan kelas eksperimen. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model open-ended learning dan variabel terikat dalam penelitian ini yaitu kemampuan pemecahan masalah matematis. Dengan desain penelitian Posttest-Only Control Design. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Sampel yang digunakan untuk kelas eksperimen adalah kelas XI-E yang berjumlah 34 siswa dan kelas kontrol kelas XI-B yang berjumlah 34 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes kemampuan pemecahan masalah matematis dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yakni Independent Samples Test dan Uji Cohen’s d. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Terdapat pengaruh yang signifikan model open-ended learning terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa kelas XI MAN 2 Blitar dengan nilai signifikansi <0.001 dan hal ini kurang dari batas uji-t yakni 0,05 . 2) Pengaruh model open-ended learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas XI MAN 2 Blitar yaitu 1,14 yang termasuk dalam kategori besar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika > Aljabar
Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 126204202145 TASYA NUR ZUHAELY
Date Deposited: 31 May 2024 06:28
Last Modified: 31 May 2024 06:28
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/46441

Actions (login required)

View Item View Item