PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS PBL UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL DI SMP NEGERI 1 BANTUR MALANG

IRMAWATI, 126204201053 (2024) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS PBL UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL DI SMP NEGERI 1 BANTUR MALANG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (793kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (625kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (657kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (284kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (309kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (329kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (565kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (243kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (197kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Irmawati, 2024. Pengembangan E-Modul Berbasis PBL untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel di SMP Negeri 1 Bantur. Skripsi, Program Studi Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Skripsi: Dr. Syaiful Hadi, M.Pd. Kata Kunci: E-Modul, PBL, Pemahaman Konsep, SPLDV Pembelajaran matematika di sekolah seringkali dianggap monoton menyebabkan pemahaman konsep siswa cenderung rendah karena penggunaan media pembelajaran yang masih konvensional. Selain itu, keterbatasan waktu di kelas mempengaruhi penguasaan konsep siswa terhadap materi, terutama Sistem Persamaan Linier Dua Variabel. Untuk mengatasi permasalahan tersebut diperlukan media pembelajaran yang interaktif salah satunya yakni e-modul. Akan tetapi, tidak semua e-modul dapat meningkatkan pemahaman konsep sehingga diperlukan e-modul berbasis PBL sebagai alternatif untuk memecahkan masalah di atas. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan langkah-langkah pengembangan media pembelajaran e-modul berbasis PBL pada materi SPLDV (2) untuk mendeskripsikan kevalidan media pembelajaran e-modul berbasis PBL pada materi SPLDV (3) untuk mendeskripsikan kepraktisan media pembelajaran e-modul berbasis PBL pada materi SPLDV (4) Untuk mendeskripsikan efektivitas media pembelajaran e-modul berbasis PBL untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa pada materi SPLDV di SMPN 1 Bantur. Metode penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII-A SMPN 1 Bantur. Teknik pengumpulan data dengan observasi, angket, dan tes. Teknik analisis data meliputi: (1) teknik analisis kevalidan produk yang diperoleh dari hasil validasi ahli media, ahli materi, dan ahli bahasa (2) teknik analisis kepraktisan yang diperoleh dari hasil observasi pendidik, angket respon pendidik, dan angket respon siswa (3) teknik analisis keefektifan yang diperoleh dari hasil tes siswa. Penelitian ini memperoleh beberapa hasil: (1) langkah-langkah pengembangan media pembelajaran e-modul berbasis PBL dengan model ADDIE diawali dengan analisis, yakni analisis materi, kebutuhan siswa, dan karakteristik siswa. Langkah kedua adalah merancang produk dengan membuat flowchart dan storyboard. Pada bagian ini e-modul di desain menjadi 5 bagian yakni pertanyaan pemantik, video pembelajaran, materi pembelajaran, LKPD, dan kuis sehingga bagian-bagian tersebut sesuai dengan 5 sintaks PBL. Langkah ketiga yakni pengembangan media dengan bantuan aplikasi canva untuk selanjutnya dilakukan uji validitas oleh para ahli sehingga mendapatkan masukan sebagai bahan revisi produk. Langkah keempat adalah mengimplementasikan media pembelajaran e-modul di sekolah. Langkah terakhir adalah evaluasi untuk menentukan kelebihan dan kelemahan pada tahap implementasi. (2) Kevalidan media pembelajaran dari validasi media, materi, dan bahasa berturut-turut memperoleh presentase 94,7%; 93,3%; dan 98,1%, artinya media valid dan layak digunakan. (3) Kepraktisan media pembelajaran dari hasil observasi pendidik, angket respon pendidik, dan angket respon siswa berturut-turut memperoleh presentase sebesar 94,3%; 98,3%; dan 90,1%, yang artinya media dinyatakan praktis sesuai dengen kriteria kepraktisan, (4) Keefektifan media pembelajaran dari hasil tes pembelajaran memperoleh presentase ketuntasan klasikal sebesar 81%, artinya media pembelajaran e-modul berbasis PBL efektif untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa pada materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel di SMPN 1 Bantur.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 126204201053 IRMAWATI
Date Deposited: 10 Jun 2024 04:36
Last Modified: 10 Jun 2024 04:36
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/46454

Actions (login required)

View Item View Item