IMPLEMENTASI METODE MUROJA’AH DALAM MENUMBUHKAN KEMAMPUAN MENGHAFAL AL-QUR’AN PESERTA DIDIK DI MI GUPPI BOGOHARJO NGADIROJO PACITAN

RIZQI NUR AZIZAH, 126205202179 (2024) IMPLEMENTASI METODE MUROJA’AH DALAM MENUMBUHKAN KEMAMPUAN MENGHAFAL AL-QUR’AN PESERTA DIDIK DI MI GUPPI BOGOHARJO NGADIROJO PACITAN. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (338kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (310kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (429kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (486kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (324kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (474kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (407kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (340kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (245kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Implementasi Metode Muroja’ah dalam Menumbuhkan Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Peserta Didik di MI Guppi Bogoharjo Ngadirojo Pacitan” ditulis oleh Rizqi Nur Azizah, NIM 126205202179, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahamatullah Tulungagung, Pembimbing: Drs. H. Timbul, M.Pd.I. Kata Kunci: Metode Muroja’ah, Menghafal Al-Qur’an Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh adanya peserta didik MI Guppi Bogoharjo yang belum konsisten dalam menghafal Al-Qur’an, dan sulit untuk menjaga hafalannya. Berdasarkan informasi yang diperoleh oleh peneliti, juga masih terdapat peserta didik yang belum mencapai target dikarenakan belum mampu membaca Al-Qur’an dengan sempurna. Maka dalam hal ini upaya yang dilakukan oleh guru yaitu dengan mengadakan program metode muroja’ah dalam menumbuhkan kemamapuan menghafal Al-Qur’an peserta didik. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana pelaksanaan metode muroja’ah dalam menumbuhkan kemampuan menghafal AlQur’an peserta didik di MI Guppi Bogoharjo Ngadirojo Pacitan?. (2) Bagaimana manfaat kegiatan metode muroja’ah dalam menumbuhkan kemampuan menghafal Al-Qur’an peserta didik di MI Guppi Bogoharjo Ngadirojo Pacitan?. (3).Bagaimana hambatan pelaksanaan metode muroja’ah dalam menumbuhkan kemampuan menghafal Al-Qur’an peserta didik di MI Guppi Bogoharjo Ngadirojo Pacitan?. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian berada di MI Guppi Bogoharjo Ngadirojo Pacitan. Peneliti mengumpulkan data melalui wawancara, observasi/pengamatan, dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu melalui reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Sementara itu, untuk mengecek keabsahan data peneliti menggunakan perpanjangan kehadiran, triangulasi, dan pembahasan teman sejawat. Hasil penelitian skripsi ini adalah (1) MI Guppi Bogoharjo mengimplementasikan kegiatan metode muroja’ah untuk menumbuhkan kemampuan menghafal Al-Qur’an peserta didik. Pelaksanaan metode muroja’ah dilaksanakan setiap pagi mulai dari hari Senin hingga hari Kamis, dimulai dari pukul 07.00 hingga pukul 07.30 sebelum pelajaran dimulai. Pembimbing sekaligus pendamping dalam kegiatan ini yaitu guru wali kelas masing-masing. (2) Manfaat kegiatan metode muroja’ah bagi peserta didik adalah dapat menjaga hafalan Al-Qur’an, menumbuhkan kemampuan menghafal Al-Qur’an, melatih otak untuk mengasah ingatan, melatih panca indera, melatih kefokusan dan kekonsentrasian, belajar memahami sesuatu, dan mendatangkan rasa cinta terhadap Al-Qur’an. Sedangkan bagi sekolah dapat memberikan kualitas output yang baik bagi sekolah itu sendiri. (3) Hambatan pelaksanaan metode muroja’ah yaitu pertama, kurangnya kedisiplinan peserta didik seperti ramai dan bermain sendiri. Kedua, kurangnya waktu yaitu setengah jam dalam setiap pertemuan. Ketiga, adanya peserta didik yang belum mencapai target dikarenakan belum mampu membaca Al-Qur’an secara sempurna.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 126205202179 RIZQI NUR AZIZAH
Date Deposited: 04 Jun 2024 01:39
Last Modified: 04 Jun 2024 01:39
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/46515

Actions (login required)

View Item View Item