PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS V SDN 2 PAKISREJO TANGGUNGGUNUNG TULUNGAGUNG

SITI ZULAIKAH, 2817123156 (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS V SDN 2 PAKISREJO TANGGUNGGUNUNG TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
BAGIAN AWAL.pdf

Download (717kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (323kB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (130kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas V SDN 2 Pakisrejo Tanggunggunung Tulungagung” ini ditulis oleh Siti Zulaikah, NIM. 2817123156, pembimbing Ummu Sholihah,M.Si. Kata kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT), Hasil Belajar Matematika. Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena bahwa siswa kurang aktif dalam pembelajaran, siswa cendderung pasif sebagai pendengar setia dari ceramah guru sehingga siswamenjadi jenuh, siswa terkadang berbicara dengan teman ketika dijelaskan oleh guru,, pembelajaran didominasi oleh guru. Sehingga hasil belajar siswa kurang memuaskan. Dengan berorientasi dengan permasalahan inilah peneliti melakukan penelitian dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dalam pembelajaran Matematika. Model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) memiliki berbagai kelebihan yang pada dasarnya dapat melatih siswa untuk dapat bekerja sama dan menghargai pendapat orang lain untuk aktif pada siswa kelas V SDN 2 Pakisrejo Tanggunggunung Tulungagung. Diharapkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) tersebut dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini memiliki fokus masalah, yaitu (1) Apakah model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Head Together) dapat meningkatkan keaktifan materi perkalian dan pembagian pecahan pada peserta didik kelas V SDN 2 Pakisrejo Tanggunggunung Tulungagung Tahun Ajaran 2015/2016? (2) Apakah model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Head Together) dapat meningkatkan hasil belajar materi perkalian dan pembagian pecahan pada peserta didik kelas V SDN 2 Pakisrejo Tanggunggunung Tulungagung Tahun Ajaran 2015/2016? Adapun tujuan dari penelitian tersebut, yaitu (1) Mendeskripsikan model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Head Together) dapat meningkatkan keaktifan materi perkalian dan pembagian pecahan pada peserta didik kelas V SDN 2 Pakisrejo Tanggunggunung Tulungagung Tahun Ajaran 2015/2016. (2) Mendeskripsikan model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Head Together) dapat meningkatkan hasil belajar materi perkalian dan pembagian pecahan pada peserta didik kelas V SDN 2 Pakisrejo Tanggunggunung Tulungagung Tahun Ajaran 2015/2016. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas karena masalah yang dipecahkan berasal dari praktik pembelajaran di kelas sebagai upaya meningkatkan hasil belajar siswa. Proses pelaksanaan tindakan kelas meliputi: (1) tahap perencanaan (plan), (2)tahap pelaksanaan (act), (3) tahap observasi (observe), dan (4) tahap refleksi (reflection). Adapun teknik pengumpulan datanya menggunakan tes, wawancara, observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Tes digunakan untuk memperoleh data tentang hasil belajar Matematika peserta didik kelas V SDN 2 Pakisrejo Tanggunggunung Tulungagung Tahun Ajaran 2015/2016. Sedangkan metode observasi, wawancara dan catatan lapangan digunakan untuk menggali data tentang proses pembelajaran Matematika, respon siswa, keadaan siswa dan guru. Setelah peneliti mengadakan penelitian dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT), akhirnya dapat diambil kesimpulan bahwa ada peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika pada peserta didik kelas V SDN 2 Pakisrejo Tanggunggunung Tulungagung. Hasil penelitian ini adalah bahwa telah terjadi peningkatan hasil belajar siswa yang dapat dilihat dari hasil evaluasi yang diberikan oleh guru yaitu pada tes awal nilai rata-rata siswa 37,78 dengan prosentase ketuntasan 11,11%, dilanjutkan siklus I nilai rata-rata siswa hanya mencapai 63,61 dengan prosentase ketuntasan 55,56%, dan pada waktu siklus II nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 80,28 dengan prosentase ketuntasan 77,78%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar Matematika peserta didik kelas V SDN 2 Pakisrejo Tanggunggunung Tulungagung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 2817123156 SITI ZULAIKAH
Date Deposited: 24 Jan 2017 03:43
Last Modified: 24 Jan 2017 03:43
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/4652

Actions (login required)

View Item View Item