STRATEGI GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENGATASI DEKADENSI MORAL PESERTA DIDIK DI MAN 3 BLITAR

CHUSNATUN NIHAYAH, 126201202110 (2024) STRATEGI GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENGATASI DEKADENSI MORAL PESERTA DIDIK DI MAN 3 BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (198kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (230kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (92kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (342kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (369kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (35kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (262kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (254kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (227kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Chusnatun Nihayah. 2024. Strategi Guru Akidah Akhlak dalam Mengatasi Dekadensi Moral Peserta Didik di MAN 3 Blitar. Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Skripsi: Lailatuzz Zuhriyah, M.FiI.I. Kata Kunci: Strategi Guru, Dekadensi Moral. Penelitian ini dilatar belakangi oleh maraknya dekadensi moral yang terjadi di kalangan remaja akhir-akhir ini. Tak terkecuali yang terjadi di MAN 3 Blitar. Secara umum, peserta didik di madrasah ini memiliki Akhlak yang baik, namun bukan berarti tidak ada peserta didik yang mengalami dekadensi moral. Oleh karena itu, Guru perlu menentukan strategi yang tepat untuk mengatasi hal tersebut. Strategi yang dimaksud tidak hanya sebatas pada ranah preventif, namun juga pada ranah kuratif dan preservatif agar hasilnya lebih maksimal. Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana strategi preventif Guru Akidah Akhlak dalam mengatasi dekadensi moral peserta didik di MAN 3 Blitar? (2) Bagaimana strategi kuratif Guru Akidah Akhlak dalam mengatasi dekadensi moral peserta didik di MAN 3 Blitar? (3) Bagaimana strategi preservatif Guru Akidah Akhlak dalam mengatasi dekadensi moral peserta didik di MAN 3 Blitar?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data penelitian melalui kondensasi data, penyajian data, dan kesimpulan data verifikasi. Pengecekan keabsahan data melalui perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan, dan triangulasi. Hasil penelitian ini adalah: (1) Strategi preventif Guru Akidah Akhlak dalam mengatasi dekadensi moral peserta didik di MAN 3 Blitar yaitu melaksanakan pembelajaran Akidah Akhlak dan mencontohkan teori keilmuan dari kehidupan nyata, melaksanakan tambahan pembelajaran keagamaan berupa SKU, dan melaksanakan bimbingan di dalam kelas. (2) Strategi kuratif Guru Akidah Akhlak dalam mengatasi dekadensi moral peserta didik di MAN 3 Blitar yaitu melakukan kolaborasi Tim Tatib dengan Guru Akidah Akhlak, melaksanakan sosiasisasi dalam kegiatan upacara rutin setiap tanggal 1 dan 17, guru memberikan pendampingan khusus pada anak yang terindikasi melakukan dekadensi moral, dan melaksanakan kegiatan-kegiatan yang bersifat positif, salah satunya melalui ekstrakurikuler. (3) Strategi preservatif Guru Akidah Akhlak dalam mengatasi dekadensi moral peserta didik di MAN 3 Blitar yaitu guru memberikan peringatan, guru memberikan sanksi, guru mengahadirkan wali murid, pada momen-momen hari tertentu mengundang penceramah misalnya dalam acara Isra Miraj atau Maulid Nabi, dan kegiatan P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila).

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah aliyah
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 126201202110 CHUSNATUN NIHAYAH
Date Deposited: 04 Jun 2024 03:07
Last Modified: 04 Jun 2024 03:07
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/46541

Actions (login required)

View Item View Item