STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGUATKAN AKHLAK TERPUJI SISWA DI SMPN 2 REJOTANGAN TULUNGAGUNG

KUSNUL KHOTIMAH, 126201203304 (2024) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGUATKAN AKHLAK TERPUJI SISWA DI SMPN 2 REJOTANGAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (861kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (413kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (262kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (431kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (268kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (369kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (250kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (164kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (229kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menguatkan Akhlak Terpuji Siswa di SMPN 2 Rejotangan Tulungagung” ini ditulis oleh Kusnul Khotimah, NIM. 126201203304, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing : Dr. Siti Khoirun Nisak, S.Pd.I.,M.Pd Kata Kunci : Strategi, Akhlak Terpuji Penelitian ini dilatar belakangi oleh Pendidikan Agama Islam yang sangat erat kaitannya dengan akhlak. Dan tujuan Pendidikan Islam adalah sama dengan tujuan pembentukan akhlak itu sendiri yaitu membangun mental dan pribadi muslim ideal. Sedangkan pada zaman yang semakin maju berubah pula tatanan kehidupan masyarakat dan perkembangan teknologi dan informasi sering kali berdampak pada tingkah laku siswa. Siswa dalam memahami agama Islam hanya mampu pada ranah pengetahuan saja. Untuk kesadaran tersebut perlu adanya Strategi Guru PAI untuk menguatkan akhlak terpuji siswa. Tanpa adanya strategi yang diterapkan dalam menguatkan akhlak terpuji siswa, maka dalam prosesnya pun tidak akan berjalan lancar dan akhlak siswa juga menjadi berkurang. Strategi yang diterapkan guru PAI diharapkan dapat meningkatkan kesadaran peserta didik untuk berperilaku yang baik dan mampu mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari. Adapun fokus penelitian ini meliputi : 1. Bagaimana program guru PAI dalam menguatkan akhlak terpuji siswa di SMPN 2 Rejotangan ? 2. Bagaimana implementasi guru PAI dalam menguatkan akhlak terpuji siswa di SMPN 2 Rejotangan ? Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan metode pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Teknik analisis berupa pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, verifikasi dan penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk pengecekan keabsahan dilakukan dengan cara perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan dan triangulasi. Triangulasi yang digunakan adalah triangulasi sumber, waktu, dan teori. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1. Kendala yang dihadapi guru PAI dalam menguatkan akhlak terpuji siswa di SMPN 2 Rejotangan, diadakanlah program yang dilakukan guru PAI melalui kegiatan keagamaan yakni kegiatan yang bertujuan untuk memberikan pemahaman dan pengalaman yang mendalam tentang ajaran agama Islam dan implementasinya kepada para siswa. Jadi dengan adanya program sebelum melaksanakan proses pembelajaran yaitu melaksanakan apel pagi, berdo’a bersama dan membaca sholawat thibbil qulub sebelum memulai pembelajaran, melaksanakan sholat dhuhur berjama’ah, dan pembacaan Al Qur’an secara rutin sehabis jam pelajaran selesai. Jadi program keagamaan ini sangat diperlukan untuk pemahaman dan pengalaman yang lebih mendalam tentang ajaran Islam. 2. Implementasi guru PAI dalam menguatkan akhlak terpuji siswa yaitu dalam pembelajaran terdapat 3 Aspek tujuan yaitu kognitif, afektif, dan psikomotorik untuk mencapai tujuan Pendidikan yang efektif dan efisien, kemudian guru menggunakan metode ceramah, tanya jawab, diskusi, dan teguran, dan cara menguatkan akhlak terpuji ada keteladanan, pembiasaan, dan pengalaman.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Efektivitas Pembelajaran
Pendidikan Islam
Pendidikan > Peserta Didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 126201203304 KUSNUL KHOTIMAH
Date Deposited: 06 Jun 2024 04:33
Last Modified: 06 Jun 2024 04:33
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/46545

Actions (login required)

View Item View Item