PENGARUH PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK TERHADAP PENGAMALAN HABLUMMINANNAAS SISWA DI MTsN KARANGREJO TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2013/2014

BADRIATUL MUNAWAROH, 3211103057 (2014) PENGARUH PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK TERHADAP PENGAMALAN HABLUMMINANNAAS SISWA DI MTsN KARANGREJO TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2013/2014. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (98kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (205kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (191kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (300kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (226kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (413kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (66kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (116kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul, “Pengaruh Pembelajaran Aqidah Akhlak Terhadap Hasil Belajar Pengamalan Hablumminannaas di MTsN Karangrejo Tulungagung Tahun Ajaran 2013/2014” ini ditulis oleh Badriaul Munawaroh, NIM.3211103057, Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI), dan dibimbing oleh Dr. Ahmad Tanzeh, M.Pd.I. Kata Kunci: Pembelajaran Aqidah Akhlak, Pengamalan Hablumminannaas. Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh realitas, bahwa pendidikan yang mengajarkan keimanan, ke-Islaman, kepatuhan dan ketaatan dalam menjalankan syari’at Islam menurut ajaran agama, akan membentuk pribadi muslim yang sempurna iman dan Islamnya. Islam itu sendiri merupakan sumber pendidikan akhlak terpuji, baik terhadap Allah, sesama manusia, maupun terhadap sesama makhluk. Dalam hal ini peneliti menghubungkan antara pengaruh pembelajaran aqidah akhlak terhadap pengamalan hablumminannaas. Rumusan masalah: dalam penelitian ini adalah: 1. Bagaimana deskripsi pembelajaran Aqidah Akhlak terhadap pengamalan hablumminannaas siswa di MTsN Karangrejo Tulungagung tahun ajaran 2013/2014?. 2. Adakah pengaruh pembelajaran Aqidah Akhlak terhadap pengamalan hablumminannaas siswa bidang husnudzan di MTsN Karangrejo Tulungagung tahun ajaran 2013/2014. 3. Adakah pengaruh pembelajaran Aqidah Akhlak terhadap pengamalan hablumminannaas siswa bidang ta’awun di MTsN Karangrejo Tulungagung tahun ajaran 2013/2014?. 4. Adakah pengaruh pembelajaran Aqidah Akhlak terhadap pengamalan hablumminannaas siswa di MTsN Karangrejo Tulungagung tahun ajaran 2013/2014?. Metode penelitian: 1. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian diskriptif dan penelitian inferensial. 2. Populasi, sampling dan sampelnya keseluruhan kelas VIII yang berjumlah 6 kelas diambil dari wakil masing-masing kelas 10 peserta didik.. 3. Sumber data, variabel penelitian, data, dan pengukuran. 4. Metode dan instrumen pengumpulan data: a. Metode pengumpulan data: metode angket adalah usaha mengumpulkan informasi dengan menyampaikan sejumlah pertanyaan tertulis dan untuk dijawab secara tertulis oleh responden. Metode observasi, metode interview dan metode dokumentasi digunakan untuk menggali data tentang sejarah, profil, strukrur organisasi, keadaan guru, keadaan siswa serta sarana dan prasarana. b. Instrumen pengumpulan data merupakan suatu alat bantu yang digunakan dalam menggunakan metode pengumpulan data secara sistematis dan lebih mudah. 5. Analisis data: kuantitatif: Hasil Penelitian: 1. Terdapat tingkatan yang baik dalam pembelajaran Aqidah Akhlak (X) terhadap pengamalan hablumminannaas siswa (Y) di MTsN Karangrejo Tulungagung Tahun Ajaran 2013/2014. Hasil penelitian ini berdasarkan penghitungan nilai kriteria interval bahwa 19 atau 32% responden menyatakan pengamalan hablumminannaas siswa sangat baik, 37 atau 62% responden menyatakan pengamalan hablumminannaas siswa baik, dan 4 atau 6% responden menyatakan pengamalan hablumminannaas siswa cukup. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa dari hasil penelitian ini menunjukkan adanya kecenderungan pengamalan hablumminannaas siswa di MTsN Karangrejo Tulungagung Tahun Ajaran 2013/2014 dengan kriteria baik. 2. Ada pengaruh yang sedang atau cukupan antara pembelajaran Aqidah Akhlak terhadap pengamalan hablumminannaas siswa bidang husnudzan di MTsN Karangrejo Tulungagung Tahun Ajaran 2013/2014. Hasil penelitia ini berdasarkan penghitungan nilai r yaitu 0,613 dan kemudian hasil tersebut dikonsultasikan pada kriteria “r” product moment yang menyatakan bahwa 0,400 sampai dengan xy 0,70 menunjukkan interprestasi sedang atau cukupan antara variabel X dan Y 1 . 3. Ada pengaruh yang sedang atau cukupan antara pembelajaran Aqidah Akhlak (X) terhadap pengamalan hablumminannaas siswa bidang ta’awun (Y) di MTsN Karangrejo Tulungagung Tahun Ajaran 2013/2014. Hasil penelitian ini berdasarkan penghitungan nilai r yaitu 0,54012 dan kemudian hasil tersebut dikonsultasikan pada kriteria “r” product moment yang menyatakan bahwa 0,400 xy sampai dengan 0,70 menunjukkan interprestasi sedang atau cukupan antara variabel X dan Y 2 . 4. Ada pengaruh yang sedang atau cukupan antara pembelajaran Aqidah Akhlak terhadap pengamalan hablumminannaas siswa baik bidang husnudzan maupun ta’awun di MTsN Karangrejo Tulungagung Tahun Ajaran 2013/2014. Hasil penelitian ini berdasarkan penghitungan nilai r yaitu 0,613 dan kemudian hasil tersebut dikonsultasikan pada kriteria “r” product moment yang menyatakan bahwa 0,400 sampai dengan 0,70 menunjukkan interprestasi sedang atau cukupan antara variabel X dan Y. xy

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 3211103057 BADRIATUL MUNAWAROH
Date Deposited: 10 Jun 2024 02:41
Last Modified: 10 Jun 2024 02:41
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/46584

Actions (login required)

View Item View Item