PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WEBSITE MENGGUNAKAN GOOGLE SITES PADA MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMP MUALLIMIN WONODADI BLITAR

INDAH PRIHATINI, 126208201031 (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WEBSITE MENGGUNAKAN GOOGLE SITES PADA MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMP MUALLIMIN WONODADI BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (934kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (559kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (349kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (619kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (925kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (914kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (474kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (433kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Website Menggunakan Google Sites pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP Muallimin Wonodadi Blitar”. Ditulis oleh Indah Prihatini, NIM. 126208201031, pembimbing Muhammad Iqbal Filayani, M. Si. Kata kunci : Google sites, Hasil Belajar, Media Pembelajaran, Pengembangan, Website. Penelitian dan pengembangan media pembelajaran berbasis website menggunakan google sites ini dilatar belakangi oleh beberapa permasalahan yang dihadapi oleh siswa dan guru. Kurangnya antusias siswa disebabkan karena metode pembelajaran guru yang masih bersifat konvensional, terbatasnya media pembelajaran, dan belum adanya pemanfaatan teknologi untuk pembelajaran. Antusias belajar siswa yang kurang mengakibakan hasil belajar siswa juga rendah. Materi yang dirasa sulit oleh siswa dan guru ketika mengajar yaitu materi klasifikasi makhluk hidup karena mempunyai banyak istilah asing yang baru dikenal serta beragamnya jenis makhluk hidup yang harus bisa dibedakan. Rendahnya hasil belajar siswa dan kurang optimalnya pembelajaran tersebut dapat ditingkatkan dengan media pembelajaran berbasis website yang menarik, interaktif, serta mudah diakses dimanapun dan kapanpun. Tujuan penelitian yang dilakukan yaitu (1) Untuk mendeskripsikan pengembangan media pembelajaran bebasis website menggunakan google sites materi klasifikasi makhluk hidup kelas VII SMP Muallimin Wonodadi Blitar. (2) Untuk menguji kelayakan dan kepraktisan media pembelajaran bebasis website menggunakan google sites materi klasifikasi makhluk hidup kelas VII SMP Muallimin Wonodadi Blitar. (3) Untuk menguji keefektifan media pembelajaran bebasis website menggunakan google sites materi klasifikasi makhluk hidup kelas VII SMP Muallimin Wonodadi Blitar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu Analisis(Analyze), desain (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluation). Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Muallimin Wonodadi Blitar. Sedangkan sampel penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas VII-B sebagai kelas kontrol dan kelas VII-A sebagai kelas eksperimen. Metode penelitian untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa terhadap penggunaan media pembelajaran berbasis website ini menggunakan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Kemudian analisis data pengujian hipotesis menggunakan uji statistik yaitu Independent Samples T Test. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, angket, dokumentasi, dan tes. Hasil penelitian diperoleh (1) Media pembelajaran berbasis website menggunakan google sites materi klasifikasi makhluk hidup kelas VII dikembangkan menggunakan model ADDIE dengan menggunakan google sites. Komponen fitur menu dalam website berjumlah dua belas, diantaranya terdapat menu home, absensi dan refleksi, doa belajar, tujuan pembelajaran, peta konsep, materi, video, buku referensi, quiz, game edukasi, ruang informasi, grub diskusi, dan profil pengembang. (2) Media pembelajaran berbasis website menggunakan google sites materi klasifikasi makhluk hidup kelas VII dengan hasil validasi ahli materi menghasilkan persentase 82,14% yang berarti berkriteria sangat valid, validasi ahli media menghasilkan persentase 89,71% yang berarti berkriteria sangat valid, validasi guru IPA kelas VII menghasilkan persentase 90,63% yang berarti berkriteria sangat praktis, dan hasil uji keterbacaan atau respon siswa menghasilkan rata-rata persentase 95,50% yang berarti berkriteria sangat praktis. Berdasarkan hasil validasi tersebut media pembelajaran berbasis wesite menggunakan google sites sangat layak dan praktis untuk digunakan. (3) Terdapat peningkatan hasil belajar siswa dengan penggunaan media pembelajaran berbasis website pada kelas eksperimen dibandingkan dengan kelas kontrol. Hasil Independent Samples T Test menunjukkan bahwa Sig. (2-tailed) = 0,001 < 0,05. Dalam hal ini berarti produk media pembelajaran berbasis website menggunakan google sites dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan efektif digunakan sebagai media pembelajaran pada materi klasifikasi makhluk hidup kelas VII.

Item Type: Skripsi
Subjects: Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: 126208201031 INDAH PRIHATINI
Date Deposited: 05 Jun 2024 01:52
Last Modified: 05 Jun 2024 01:52
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/46623

Actions (login required)

View Item View Item