DHEWITA RIZKHI TUNJUNG SAPUTRI, 12201173359 (2021) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENUMBUHKAN NILAI-NILAI TOLERANSI BERAGAMA SISWA DI SMK ISLAM 2 DURENAN TRENGGALEK. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (68kB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (236kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (268kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (417kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (173kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (711kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (218kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (121kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (194kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Kata Kunci: Peran Guru Pendidikan Agama Islam, Nilai-Nilai Toleransi Beragama Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keragaman dalam menghadapi kemajemukan dalam kehidupan. Penelitian ini menarik untuk dikaji karena melihat keragaman budaya danpentingnya sikap toleransi khususnya toleransi menanggapi keberagaman dalam kehidupan di lingkungan sekolah. Dalam hal ini peran vital di emban oleh guru Pendidikan Agama Islam sebagai educator, motivator dan fasilitator dalam melestarikan nilai-nilai toleransi antar sesama. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah: (1) Bagaimana peran guru PAI sebagai Educator dalam menumbuhkan nilai-nilai toleransi beragama siswa di SMK Islam 2 Durenan? (2) Bagaimana peran guru PAI sebagai Motivator dalam menumbuhkan nilai-nilai toleransi beragama siswa di SMK Islam 2 Durenan? (3) Bagaimana peran guru PAI sebagai Fasilitator dalam menumbuhkan nilai-nilai toleransi beragama siswa di SMK Islam 2 Durenan? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan menggunakan penelitian jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan teknik pengecekan keabsahan data menggunakan teknik (perpanjangan keikutsertaan, triangulasi), keteralihan, kebergantungan, dan kepastian. Hasil penelitian ini meliputi: (1) peran guru PAI sebagai edukator dalam menumbuhkan nilai-nilai toleransi beragama siswa di SMK Islam 2 Durenan yaitu dimulai dari diri sendiri atau menjadi teladan, membentuk kepribadian siswa untuk lebih bisa menerima perbedaan agama dengan memberikan pemahaman tentang ketauhidan, membentuk kerukunan diantara siswanya yang beragama Islam maupun non Islam melalui pembentukan kelompok belajar, membimbing dan mengarahkan siswa untuk menjadi manusia sosial, mengarahkan kepada siswanya supaya menerapkan 3S (Senyum, Salam, Sapa) kepada siapa saja, memberi pemahaman tentang toleransi beragama melaui cerita cerita dari ayat Al quran.(2) Peran Guru PAI sebagai motivator dalam menumbuhkan nilai-nilai xx toleransi beragama siswa di SMK Islam 2 Durenan, yaitu dengan memotivasi siswa pada setiap pelajaran dengan cara menyisipkan kata-kata, pesan, ataupun cerita cerita islami bisa pada saat pembelajaran, melalui penertiban tata tertib setiap pagi, melalui kegiatan jumat bersih. (3) Peran Guru PAI sebagai fasilitator dalam menumbuhkan nilai-nilai toleransi beragama siswa di SMK Islam 2 Durenan. Yaitu melalui kegitan jumat pagi oleh karenanya diharapkan siswa bisa lebih menghormati siswa non muslim yang melaksanakan kegiatan pembinaan rohani, menyediakan kondisi dan kesempatan bagi siswa untuk menumbuhkan toleransi kepada umat agama lain dengan kegiatan keagamaan, melalui pengembangan bakat dan beasiswa terhadap siswa non muslim berprestasi, melalui kegiatan peringatan Hari-hari besar Nasional.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Guru Pendidikan Pendidikan > Pendidikan Islàm |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 12201173359 DHEWITA RIZKHI TUNJUNG SAPUTRI |
Date Deposited: | 12 Jun 2024 03:37 |
Last Modified: | 12 Jun 2024 03:37 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/46737 |
Actions (login required)
View Item |