MANAJEMEN SEKOLAH RAMAH ANAK DALAM MEMBENTUK KARAKTER PESERTA DIDIK DI MTSN 4 TULUNGAGUNG

AZIZATUL ISTAURINA, 126207202042 (2024) MANAJEMEN SEKOLAH RAMAH ANAK DALAM MEMBENTUK KARAKTER PESERTA DIDIK DI MTSN 4 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (597kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (519kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (555kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (342kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (532kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (245kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (878kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (357kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (204kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (429kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Manajemen Sekolah Ramah Anak dalam Membentuk Karakter Peserta Didik Di MTsN 4 Tulungagung” ini ditulis oleh Azizatul Istaurina, NIM 126207202042, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung yang dibimbing oleh Ibu Prof. Dr. Hj, Sulistyorini, M.Ag. Kata Kunci: Manajemen, Sekolah Ramah Anak, Karakter Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya kekerasan dan bullying yang terjadi di dunia pendidikan yang disebabkan karena kurangnya pembinaan karakter. Oleh karena itu, program ramah anak hadir sebagai wadah perlindungan anak di lembaga pendidikan. Namun pada kenyataan nya masih banyak lembaga pendidikan yang belum menerapkan program ramah anak dan belum bisa membawa perubahan yang maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen sekolah ramah anak dalam membentuk karakter siswa di MTsN 4 Tulungagung dengan fokus penelitian; 1) Bagaimana perencanaan sekolah ramah anak dalam membentuk karakter peserta di MTsN 4 Tulungagung?; 2) Bagaimana pengorganisasian sekolah ramah anak dalam membentuk karakter peserta di MTsN 4 Tulungagung?; 3) Bagaimana pelaksanaan ramah anak dalam membentuk karakter peserta di MTsN 4 Tulungagung?; 4) Bagaimana pengawasan sekolah ramah anak dalam membentuk karakter peserta di MTsN 4 Tulungagung? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi yang diperoleh dari sumber data diantaranya kepala sekolah, wakil kepala sekolah bagian kesiswaan, wakil kepala sekolah bagian kurikulum, ketua tim ramah anak, tim bimbingan konseling, kepala UKS, dan ketua adiwiyata. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif dengan langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang diperoleh adalah sebagai berikut; 1) Perencanaan sekolah ramah anak dalam membentuk karakter peserta didik di MTsN 4 Tulunggung dengan mengadakan workshop sekolah ramah anak, membuat kebijakan sekolah ramah anak, komitmen atau deklarasi sekolah ramah anak. 2) pengorganisasian sekolah ramah anak dalam membentuk karakter peserta didik di MTsN 4 Tulungagung dengan membentuk tim khusus sekolah ramah anak, dan pembagian jobdesc pada masing-masing bidang. 3) Pelaksanaan sekolah ramah anak dalam menbentuk karakter peserta didik di MTsN 4 Tulungagung dengan membuat tugu sekolah ramah anak, pengadaan sarana dan prasarana, kurikulum sekolah ramah anak, melaksanakan program sekolah ramah anak dengan melibatkan siswa dan orang tua, serta sekolah adiwiyata. 4) Pengawasan sekolah ramah anak dalam membentuk karakter peserta didik di MTsN 4 Tulungagung dilakukan dengan pengawasan secara internal dan eksternal.

Item Type: Skripsi
Subjects: Manajemen > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 126207202042 AZIZATUL ISTAURINA
Date Deposited: 07 Jun 2024 03:25
Last Modified: 07 Jun 2024 03:25
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/46775

Actions (login required)

View Item View Item