VIKA SANJAYA, 2811123226 (2017) UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA DI SMAN 1 REJOTANGAN TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2015/2016. [ Skripsi ]
Text
BAGIAN AWAL.pdf Download (412kB) |
||
Text
BAB I SKRIPSI VIKA.pdf Download (199kB) |
||
|
Text
BAB II SKRIPSI VIKA.pdf Download (326kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III SKRIPSI VIKA.pdf Download (194kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV SKRIPSI VIKA.pdf Download (617kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V SKRIPSI VIKA.pdf Download (240kB) | Preview |
|
Text
BAB VI SKRIPSI VIKA.pdf Download (62kB) |
||
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (145kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Siswa di SMAN 1 Rejotangan Tulungagung” ini ditulis oleh Vika Sanjaya, NIM. 2811123226, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, pembimbing Dr. Khoirul Anam M.Pd.I. Kata kunci: Upaya, Guru PAI, Disiplin Belajar Penelitian ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena perilaku siswa yang tidak disiplin ketika berada di sekolah seperti datang terlambat suka membolos dan suka gaduh di kelas karena kurangnya guru dalam mengawasi kegiatan siswa di lingkungan sekolah sehingga siswa kurang mendapatkan perhatian. Akibat dari kurangnya pengawasan dari guru membuat sebagian siswa itu melakukan pelanggaran-pelanggaran di sekolah yang membuat mereka merasa tidak bersalah dan tidak sadar atas perbuatanya, dari permasalahan tersebut para guru. khususnya guru pendidikan agama Islam memiliki tugas dan kewajiban untuk meningkatkan kedisplinan belajar siswa. Fokus penelitian yang ada dalam skripsi ini adalah 1. Bagaimana upaya guru PAI dalam meningkatkan kedisiplinan belajar siswa di SMAN 1 Rejotangan? 2. Apa saja yang mendukung dan menghambat upaya guru PAI dalam meningkatkan kedisiplinan belajar siswa di SMAN 1 Rejotangan? Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah 1. Untuk mengetahui upaya guru PAI dalam meningkatkan kedisiplinan belajar siswa di SMAN 1 Rejotangan 2. Untuk mengetahui hal-hal yang mendukung dan menghambat upaya guru PAI dalam meningkatkan kedisiplinan belajar siswa di SMAN 1 Rejotangan. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan menggunakan jenis penelitian deskriptif. Untuk metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi.Metode observasi danwawancara digunakan untuk memperoleh data tentang upaya guru PAI dalam meningkatkan kedisiplinan belajar siswa di SMAN 1 Rejotangan. Sedangkan dokumentasi digunakan untuk menggali data tentang sarana-prasarana, dokumen guru dan siswa SMAN 1 Rejotangan. Dalam melakukan analisis data tahap-tahap yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.Sedangkan dalam pengecekan keabsahan data tahap-tahap yang dilakukan adalah triangulasi, ketekunan pengamat, perpanjangan keikutsertaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya guru PAI dalam meningkatkan kedisiplinan belajar siswa di SMAN 1 Rejotangan sudah berjalan dengan baik. Upaya yang dilakukan yaitu melalui penekanan dan pembiasaan melalui kegiatan pembiasaan religius yang dilaksanakan setiap awal pembelajaran PAI di masjid. Melalui pembelajaran di masjid diharapakan proses belajar mengajar yang dilakukan oleh guru PAI itu dapat berjalan sesuai dengan program yang telah canangkan. Suasana masjid yang sejuk, tenang, rindang akan membuat proses pembelajaran dan penerapan kedisiplinan belajar akan mudah dilaksanakan oleh siswa dan para siswa mampu mematuhi tata tertib sekolah dengan baik sehingga sikap kedisiplinan akan tertananam pada diri siswa. Anak dibiasakan mengerjakan tugasnya dengan tepat waktu sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan, tertib dan disiplin di sekolah, misalnya siswa harus berpakaian rapi, keluar masuk kelas harus izin kepada guru, siswa harus memberi salam pada guru dan lain sebagainya. Hal-hal yang mendukung terlaksananya kedisiplinan belajar siswa di SMAN 1 Rejotangan adalah sarana dan prasarana yang cukup membantu siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran dan komitmen dari pihak sekolah yang terus mendukung upaya guru PAI dalam meningkatkan kedisiplinan belajar siswa. Komitmen sekolah sangat terlihat dengan mengadakan penekanan kepada siswa untuk selalu aktif dalam mengikuti kegiatan sholat dhuha berjamaah di masjid, siswa selalu berpakaian rapi, tertib dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar,dan sekolah mengadakan istighosah menjelang ujian sekolah dan ujian nasional. Kemudian hal-hal yang menghambat dalam meningkatkan kedisiplinan belajar siswa di SMAN 1 Rejotangan adalah dari kesadaran diri siswa yang belum ikhlas dalam belajar dan kurang perhatianya siswa ketika guru menerangkan pembelajaran, sehingga terjadi unsur keterpaksaan terhadap siswa dalam mengikuti kegiataan belajar di sekolah. Pengaruh dari pergaulan teman di rumah dan budaya dari luar . Godaan teman sejawat lebih besar pengaruhnya ketimbang guru ketika berada di lingkungan sekolah
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 2811123226 VIKA SANJAYA |
Date Deposited: | 07 Feb 2017 02:16 |
Last Modified: | 07 Feb 2017 02:16 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/4704 |
Actions (login required)
View Item |