RAKHMI ZAHRATUL ASNA, 126208201019 (2024) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA MATERI KLASIFIKASI MAKHUK HIDUP TERHADAP SIKAP PERCAYA DIRI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII MTS AL-MA’ARIF TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (753kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (107kB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (212kB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (195kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (259kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (284kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (314kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (116kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (87kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (187kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) pada Materi Klasifikasi Makhuk Hidup Terhadap Sikap Percaya Diri dan Hasil Belajar Siswa Kelas VII MTs Al- Ma’arif Tulungagung” ini ditulis oleh Rakhmi Zahratul Asna dengan NIM 126208201019, Program Studi Tadris Biologi, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, pembimbing Arbaul Fauziah, M.Si. Kata Kunci: Hasil Belajar Siswa, Sikap Percaya Diri dan Team Games Tournament Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi di MTs Al-Ma’arif Tulungagung yang menunjukkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA tergolong rendah. Hal ini diakibatkan oleh penggunaan model pembelajaran yang digunakan adalah model konvensional dengan teknik ceramah, pemberian soal dan tanya jawab. Salah satu solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT). Team Games Tournament (TGT) merupakan salah satu metode pembelajaran yang dirancang untuk meningkatkan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran dan meningkatkan sikap percaya diri siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui pengaruh penerapan Team Games Tournament (TGT) terhadap sikap percaya diri siswa kelas VII MTs Al-Ma’arif Tulungagung, 2) untuk mengetahui pengaruh Team Games Tournament (TGT) terhadap hasil belajar siswa kelas VII MTs Al-Ma’arif Tulungagung, dan 3) untuk mengetahui pengaruh penerapan terhadap sikap percaya diri dan hasil belajar siswa kelas VII MTs Al-Ma’arif Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis penelitian eksperimen dengan desain penelitian Quasi Eksperiment. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs Al-Ma’arif Tulungagung. Sampelnya adalah kelas VII-A sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 30 siswa dan kelas VII-B sebagai kelas kontrol dengan jumlah 30 siswa. Teknik sampling yang digunakan yaitu purposive sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan soal tes. Teknik analisis yang digunakan adalah uji Independent Sample T-test dan MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Ada pengaruh yang signifikan penerapan Team Games Tournament (TGT) terhadap sikap percaya diri siswa kelas VII MTs Al-Ma’arif Tulungagung. Rerata peningkatan sikap percaya diri kelas eksperimen yaitu 57% sementara kelas kontrol hanya meningkat 20%. Nilai signifikansi sebesar 0,000 juga menunjukkan peningkatan sikap percaya diri siswa. (2) Ada pengaruh yang signifikan penerapan Team Games Tournament (TGT) terhadap hasil belajar siswa kelas VII MTs Al-Ma’arif Tulungagung. Rerata peningkatan hasil belajar kelas eksperimen yaitu 64% sementara kelas kontrol hanya meningkat 32%. Nilai signifikansi sebesar 0,000 juga menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa. (3) Ada pengaruh yang signifikan penerapan model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) terhadap sikap percaya diri dan hasil belajar siswa kelas VII MTs Al-Ma’arif Tulungagung. Dari analisis data diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 yang mana 0,000 < 0,05 menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil antara kelas yang diberi perlakuan dengan yang tidak diberi perlakuan.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Biologi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi |
Depositing User: | 126208201019 RAKHMI ZAHRATUL ASNA |
Date Deposited: | 13 Jun 2024 08:14 |
Last Modified: | 13 Jun 2024 08:14 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/47081 |
Actions (login required)
View Item |