MEGA ALIB FEBRIANA, 3217103051 (2017) PENERAPAN MODEL INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V MI HIDAYATUL MUBTADIIN WATES SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
SAMPUL.pdf Download (89kB) | Preview |
|
Text
BAB I.pdf Download (160kB) |
||
|
Text
BAB II.pdf Download (251kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (224kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (54kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (98kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Model Inquiry untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol Tulungagung Tahun Ajaran 2013/2014” ditulis oleh Mega Alib Febriana, Dibimbing oleh Mohammad Arif, M. Pd. Kata Kunci: Model Inquiry, IPA, Hasil Belajar Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kualitas pembelajaran di MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol Tulungagung.Hal tersebut terjadi karena beberapa hal, diantaranya siswa kurang menyukai pelajaran IPA karena sebagian besar materinya sulit dipahami. Selain itu dalam proses kegiatan pembelajaran, guru lebih dominan menggunakan metode ceramah sehingga siswa kurang aktif terlibat dalam kegiatan pembelajaran. Oleh karena itu, peneliti menerapkankan model inquiry pada mata pelajaran IPA materi peristiwa alam untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol Tulungagung Tahun Ajaran 2013/2014. Model pembelajaran tersebut diharapkan dapat memotivasi siswa dalam belajar dan menjadikan proses kegiatan belajar lebih baik. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana proses pembelajaran IPA materi peristiwa alam pada siswa kelas V melalui model inquiry di MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol Tulungagung Tahun Ajaran 2013/2014? 2) Bagaimana peningkatan hasil belajar IPA materi peristiwa alam setelah penerapan model inquiry pada siswa kelas V MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol Tulungagung Tahun Ajaran 2013/2014? Adapun tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mendeskripsikan proses pembelajaran IPA materi peistiwa alam pada siswa kelas V melalui model inquiry di MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol Tulungagung Tahun Ajaran 2013/2014. 2) untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar IPA materi peristiwwa alam pada siswa kelas V MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol Tulungagung Tahun Ajaran 2013/2014. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK). Dalam PTK tahap penelitian terdiri atas empat tahap, yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan tahap refleksi. Penelitian ini menggunakan dua siklus tindakan untuk mengetahui peningkatan pada waktu tindakan dilakukan dan setelah tindakan dilakukan. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, tes, dan catatan lapangan.. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran IPA pada materi peristiwa alam dengan menggunakan model inquiry dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol Tulungagung Tahun Ajaran 2013/2014. Hal ini ditunjukkan dengan tes hasil belajar peserta didik pada pre test sebesar 57,14%, kemudian pada post test siklus I meningkat menjadi 64,28%, dan selanjutnya pada siklus II meningkat menjadi 78,57%.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 3217103051 MEGA ALIB FEBRIANA |
Date Deposited: | 30 Jan 2017 03:41 |
Last Modified: | 30 Jan 2017 03:41 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/4713 |
Actions (login required)
View Item |