PENGARUH METODE MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MTs SUNAN KALIJOGO MOJO KEDIRI

VINA ALIFIA ARYO PUTRI, 126201203232 (2024) PENGARUH METODE MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MTs SUNAN KALIJOGO MOJO KEDIRI. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (393kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (276kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (385kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (461kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (462kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (508kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (287kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (225kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (237kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Metode Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Pada Mata Pelajaran Fiqih Di MTs Sunan Kalijogo Mojo Kediri” ditulis oleh Vina Alifia Aryo Putri. NIM. 126201203232. Program studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Saiful Bahri, S.Ag, M.Pd.I. Kata kunci: Metode Mind Mapping, Hasil Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih, hal ini berdasarkan hasil observasi kelas pada bulan maret 2023 yang dimana pada saat pembelajaran guru fiqih hanya mengandalkan metode ceramah saja tanpa diselingi dengan tambahan metode apapun, sehingga banyak ditemui siswa yang kurang semangat dan aktif pada saat pembelajaran, disamping itu juga berdasarkan hasil nilai UTS Fiqih ditemukan beberapa siswa yang nilainya tergolong rendah. Dari permasalahan tersebut seorang guru perlu melakukan inovasi pada saat pembelajaran dengan menerapkan metode mind mapping, yang dimana metode ini dapat melatih daya ingat, menambah kreatifitas dan keaktifan siswa. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh metode mind mapping terhadap hasil belajar siswa kelas VIII di MTs Sunan Kalijogo Mojo Kediri, (2) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh metode mind mapping terhadap hasil belajar siswa kelas VIII di MTs Sunan Kalijogo Mojo Kediri. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakakan pendekatan kuantitatif, dengan jenis penelitian Quasi Experimental Design. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VIII MTs Sunan Kalijogo Mojo Kediri. Teknik sampling yang digunakan adalah Purposive Sampling. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII E sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VIII F sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan posttest berupa soal hasil belajar fiqih, serta analisis datanya menggunakan uji T. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Ada pengaruh penggunaan metode mind mapping terhadap hasil belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran fiqih di MTs Sunan Kalijogo Mojo Kediri, hal ini dibuktikan dengan rata-rata nilai kelas eksperimen lebih besar dari kelas kontrol (K-Eks 75,40 > K-kontrol71,42), (2 )Besar pengaruh penggunaan metode mind mapping terhadap hasil belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran fiqih di MTs Sunan Kalijogo Mojo Kediri sebesar 0,51 atau 51% yang termasuk kedalam kategori sedang.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 126201203232 VINA ALIFIA ARYO PUTRI
Date Deposited: 20 Jun 2024 04:47
Last Modified: 20 Jun 2024 04:47
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/47311

Actions (login required)

View Item View Item