PERAN GURU DALAM MENGATASI KESULITAN CALISTUNG PADA SISWA KELAS I DI MI HIDAYATUTH THOLIBIN KARANGTALUN KALIDAWIR TULUNGAGUNG

ANI AL FAIZAH, 126205203196 (2024) PERAN GURU DALAM MENGATASI KESULITAN CALISTUNG PADA SISWA KELAS I DI MI HIDAYATUTH THOLIBIN KARANGTALUN KALIDAWIR TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (493kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (507kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (758kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (544kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (568kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (453kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (539kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (459kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (194kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (414kB)
[img] Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Peran Guru dalam Mengatasi Kesulitan Calistung pada Siswa Kelas I di MI Hidayatuth Tholibin Karangtalun Kalidawir Tulungagung” ditulis oleh Ani Al Faizah, NIM 126205203196, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Dr. Muhammad Zaini, M.A. Kata kunci: Peran Guru, Kesulitan Calistung, Perkembangan zaman yang semakin pesat, tidak sedikit anak yang mengalami kesulitan dalam calistung. Peran guru menjadi sangat penting dalam membantu siswa agar dapat mengembangkan kemampuan berbahasa, berkomunikasi, membaca, menulis, berhitung, dan memahami materi pelajaran. Guru tidak hanya memberikan semangat, motivasi, dorongan, dan dukungan kepada siswa, tetapi juga memfasilitasi pembelajaran melalui penggunaan media dan lingkungan yang sesuai serta memberikan bimbingan, arahan, dan pendampingan dalam proses belajar bagi siswa. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk memaparkan peran guru sebagai motivator dalam mengatasi kesulitan calistung pada siswa kelas I di MI Hidayatuth Tholibin Karangtalun Kalidawir Tulungagung. (2) untuk memaparkan peran guru sebagai fasilitator dalam mengatasi kesulitan calistung pada siswa kelas I di MI Hidayatuth Tholibin Karangtalun Kalidawir Tulungagung. (3) untuk memaparkan peran guru sebagai pembimbing dalam mengatasi kesulitan calistung pada siswa kelas I di MI Hidayatuth Tholibin Karangtalun Kalidawir Tulungagung. Pendekatan penelitian ini menggunakan kualitatif dengan jenis studi kasus. Pengumpulan data didapatkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Tahap-tahap analisis data penelitian melalui reduksi data, penyajian data, verifikasi data. Pengecekan keabsahan data menggunakan kepercayaan (perpanjangan keikutsertaan, triangulasi), keteralihan, kebergantungan, dan kepastian. Hasil penelitian: (1) Peran guru sebagai motivator dalam mengatasi kesulitan calistung yaitu guru memberikan motivasi, memberikan dukungan secara emosional, memberikan apresiasi, memberikan dorongan kepada siswa, memberikan semangat, memberikan bimbingan, serta memberikan pujian. (2) Peran guru sebagai fasilitator dalam mengatasi kesulitan calistung yaitu Guru menyediakan fasilitas pembelajaran, menggunakan media pembelajaran, serta menciptakan lingkungan yang nyaman dan menyenangkan. (3) Peran guru sebagai pembimbing dalam mengatasi kesulitan calistung yaitu Guru membantu siswa mencari solusi terhadap masalah kesulitan dalam belajar calistung, memberikan bimbingan khusus atau les privat diluar jam pelajaran, serta memberikan arahan, pendampingan dan bantuan bagi siswa yang mengalami kesulitan calistung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Fasilitas Belajar
Pendidikan > Kesulitan Belajar
Pendidikan > Motivasi Belajar
Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 126205203196 ANI AL FAIZAH
Date Deposited: 26 Jun 2024 01:55
Last Modified: 26 Jun 2024 02:01
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/47328

Actions (login required)

View Item View Item