IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN LOOSE PART UNTUK MENSTIMULASI DAYA KREATIVITAS ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK ABA PELANGI TULUNGAGUNG

AZKIYA ZAHROTUL BADI'AH, 126206202030 (2024) IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN LOOSE PART UNTUK MENSTIMULASI DAYA KREATIVITAS ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK ABA PELANGI TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (769kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (352kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (84kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (159kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (353kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (38kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (166kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (13kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (129kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Implementasi Media Pembelajaran Loose Part Untuk Menstimulasi Daya Kreativitas Anak Usia 4-5 Tahun di TK ABA Pelangi Tulungagung” ini di tulis oleh Azkiya Zahrotul Badi’ah, NIM. 126206202030, Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini. Pembimbing Ahmad Mushlih, M.Pd. Kata Kunci: Implementasi, Media Loose Part, Kreativitas. Permasalahan kreativitas anak yang muncul saat pembelajaran dikarenakan adanya tekanan atau larangan, dan memberikan anak kegiatan yang bersifat monoton sehingga anak tidak diberi kebebasan untuk berpendapat. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya mengembangkan daya kreativitas pada anak usia dini yang diwujudkan dengan cara menggunakan media loose part. Penelitian ini bertempat di TK ABA Pelangi Tulungagung. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah: 1) bagaimana implementasi media pembelajaran loose part untuk menstimulasi daya kreativitas anak usia 4-5 tahun? 2) apa saja nilai kreativitas anak usia 4-5 tahun dalam implementasi media pembelajaran loose part? 3) apa saja faktor pendukung dalam implementasi media pembelajaran loose part untuk menstimulasi daya kreativitas anak usia 4-5 tahun? Tujuannya 1) untuk mendeskripsikan implementasi media pembelajaran loose part untuk menstimulasi daya kreativitas anak usia 4-5 tahun. 2) untuk mendeskripsikan nilai kreativitas anak usia 4-5 tahun dalam implementasi media pembelajaran loose part. 3) untuk mendeskripsikan faktor pendukung dalam implementasi media pembelajaran loose part untuk menstimulasi daya kreativitas anak usia 4-5. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif pendekatan naratif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan cara triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) implementasi media pembelajaran loose part untuk menstimulasi kreativitas adalah: perencanaan dilakukan dengan menyusun modul ajar, pemilihan topik pembelajaran, dan menyiapkan media pembelajaran. pelaksanaan dilakukan mulai dari kegiatan awal, kegiatan inti, kegiatan penutup. Evaluasi dilakukan dengan berbagai cara seperti penilaian catatan anekdot, observasi, hasil karya dan foto berseri. 2) nilai kreativitas yang muncul pada anak saat penggunaan media loose part yakni percaya diri dan rasa ingin tahu anak . 3) faktor pendukung dalam penerapan media loose part yakni dari komite sekolah: guru memaksimalkan penerapan loose part, wali murid: bersukarela mengumpukan loose part, masyarakat sekitar: mendukung keberadaan lembaga, dan dinas pendidikan tulungagung: menjadikan lembaga sebagai sekolah rujukan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Anak
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal
Depositing User: 126206202030 AZKIYA ZAHROTUL BADI'AH
Date Deposited: 01 Jul 2024 02:16
Last Modified: 01 Jul 2024 02:16
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/47449

Actions (login required)

View Item View Item