PENGARUH PELAKSANAAN BENGKEL NGAJI TERHADAP KEMAHIRAN MEMBACA AL-QURAN PESERTA DIDIK DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 4 TULUNGAGUNG

SENDA PRISTIARINDI, 126201202184 (2024) PENGARUH PELAKSANAAN BENGKEL NGAJI TERHADAP KEMAHIRAN MEMBACA AL-QURAN PESERTA DIDIK DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 4 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (763kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (244kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (112kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (261kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (448kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (272kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (280kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (151kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (101kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (169kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Pelaksanaan Bengkel Ngaji Terhadap Kemahiran Membaca Al- Qur’an Peserta Didik di Madrasah Tsanawiyah Negeri 4 Tulungagung” ini ditulis oleh Senda Pristiarindi, NIM. 126201202184, Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Dr. Siti Khoirun Nisak, S.Pd.I, M.Pd., NIP. 19930922 202012 2 015 Kata Kunci : Pelaksanaan Bengkel Ngaji, Kemahiran Membaca Al – Qur’an. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya peserta didik yang kurang bisa mengenal huruf hijaiyah, belum memperhatikan makharijul huruf serta tajwid dan fashofah dalam kegiatan membaca al – qur’an. Pengadaan kegiatan ngaji yang ada di kelas tidak dapat memberikan pendampingan secara khusus terhadap peserta didik yang kurang dalam beberapa aspek saat membaca al- qur’an, Oleh karena itu, pengadaan bengkel ngaji dijadikan sebagai fasilitas khusus dengan pendampingan dari guru - guru MTs Negeri 4 Tulungagung bagi beberapa peserta didik yang belum memperhatikan mahkarijul huruf, belum memperhatikan tajwid dan fashohah di kelasnya. Rumusan Masalah pada penelitian ini adalah Bagaimana pengaruh pelaksanaan bengkel ngaji terhadap kemahiran membaca al – qur’an peserta didik di MTs Negeri 4 Tulungagung?. Adapun Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh pelaksanaan bengkel ngaji terhadap kemahiran membaca al- Qur’an peserta didik di MTs Negeri 4 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan melibatkan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen dalam penelitian ini adalah kelas bengkel ngaji sedangkan kelas kontrolnya adalah kelas luar bengkel ngaji. Sampling yang dipakai dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Data primer untuk penelitian ini yaitu angket dan dokumentasi, sedangkan untuk sekundernya adalah dari jurnal , artikel ataupun situs internet. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah uji instrumen yang terdiri atas uji validitas dan reliabilitas, uji prasyarat yaitu uji normalitas dan homogenitas, dan uji hipotesis yaitu uji statistika deskriptif dan uji independent sample t-test ( uji T). Hasil dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang signifikan, dibuktikan pada nilai signifikansi, nil sig (2 – tailed ) = 0,014 < 0,05 dan nilai thitung, thitung > ttabel adalah = 2,533 > 2,04523 artinya, Ha diterima dan H0 ditolak. Jadi, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh Pelaksanaan Bengkel Ngaji Terhadap Kemahiran Membaca Al – Quran Peserta Didik Di Madrasah Tsanwiyah Negeri 4 Tulungagindeung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Agama > Al Quran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 126201202184 SENDA PRISTIARINDI
Date Deposited: 26 Jun 2024 04:19
Last Modified: 26 Jun 2024 04:19
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/47568

Actions (login required)

View Item View Item