KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA DENGAN MODEL DIGITAL PROJECT BASED LEARNING DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA DI MTs DARUL FALAH SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG

RISCHA GITA SUHAINI, 126204201017 (2024) KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA DENGAN MODEL DIGITAL PROJECT BASED LEARNING DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA DI MTs DARUL FALAH SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (548kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (230kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (218kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (252kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (151kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (133kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (52kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (182kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Skripsi dengan Judul “Kemampuan Representasi Matematis Siswa dengan Model Digital Project Based Learning dalam Memecahkan Masalah Matematika di MTs Darul Falah Sumbergempol Tulungagung” ini ditulis oleh Rischa Gita Suhaini, NIM.126204201017, Program Studi Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing: Dr. Sutopo M.Pd. Kata Kunci: Representasi Matematis, Digital Project Based Learning, Masalah Matematika Representasi matematis merupakan hal yang penting dalam pembelajaran matematika. Kemampuan representasi matematis siswa masih tergolong rendah dimana sebagian siswa masih kesulitan dalam mengubah masalah matematika kedalam bentuk simbol karena pembelajaran matematika di kelas masih belum melibatkan siswa secara aktif. Untuk mengasah berbagai representasi siswa yang rendah, dipilih model pembelajaran digital project based learning yang memiliki banyak kelebihan. Salah satunya ialah pembelajaran yang berpusat pada siswa (student-centered). Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan kemampuan representasi matematis siswa kemampuan matematika rendah dalam menyelesaikan masalah matematika dengan model digital project based learning, (2) untuk mendeskripsikan kemampuan representasi matematis siswa kemampuan matematika sedang dalam menyelesaikan masalah matematika dengan model digital project based learning, (3) untuk mendeskripsikan kemampuan representasi matematis siswa kemampuan matematika tinggi dalam menyelesaikan masalah matematika dengan model digital project based learning. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek penelitian terdiri dari 31 siswa kelas VIII B MTs Darul Falah Sumbergempol Tulungagung yang mana akan diambil 2 siswa dengan kategori kemampuan matematika rendah, 2 siswa dengan kemampuan matematika sedang dan 2 siswa dengan kemampuan matematika tinggi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes kemampuan representasi matematis dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) kemampuan representasi matematis siswa kemampuan matematika rendah dengan model digital project based learning cenderung menggunakan representasi kata atau teks tertulis dalam menyelesaikan masalah matematika dan cenderung tidak yakin dengan hasil pekerjaanya, (2) kemampuan representasi matematis siswa kemampuan matematika sedang dengan model digital project based learning cenderung menggunakan representasi persamaan atau ekspresi matematis dan representasi kata atau teks tertulis dalam menyelesaikan masalah matematika dan cenderung kurang yakin dengan hasil pekerjaanya, (3) kemampuan representasi matematis siswa kemampuan matematika tinggi dengan model digital project based learning menggunakan semua kemampuan representasi yaitu representasi persamaan atau ekspresi matematis, representasi kata atau teks tertulis dan representasi visual (tabel atau grafik) dalam menyelesiakan masalah matematika dan cenderung yakin dengan hasil pekerjaanya.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 126204201017 RISCHA GITA SUHAINI
Date Deposited: 27 Jun 2024 03:43
Last Modified: 27 Jun 2024 03:43
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/47610

Actions (login required)

View Item View Item