ISNAINI SHOLIKAH, 126204201016 (2024) ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI MATEMATIS SISWA KELAS VIII MTs MUTTAQIEN PSM TAKERAN KABUPATEN MAGETAN PADA MATERI SISTEM KOORDINAT KARTESIUS. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (966kB) |
||
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (429kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (414kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (332kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (526kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (344kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (444kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (445kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (192kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (424kB) |
||
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Kemampuan literasi dan numerasi menjadi dua hal yang penting dalam kehidupan sehari-hari, utamanya bagi generasi penerus bangsa atau para pelajar. Dikarenakan kemampuan tersebut mencakup kemampuan untuk merumuskan, menggunakan, dan menafsirkan matematika dalam berbagai konteks masalah kehidupan sehari-hari. Materi sistem koordinat kartesius merupakan salah satu materi yang dikaji dalam matematika. Dalam materi tersebut perlu kemampuan berpikir logis dan kritis untuk bisa menyelesaikan masalah dengan matematika dasar, menguraikan data, dan menafsirkan hasil analisis atau memberi kesimpulan sesuai indikator kemampuan literasi numerasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan literasi numerasi siswa kelas VIII MTs Muttaqien PSM Takeran Kabupaten Magetan pada materi sistem koordinat kartesius. Pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek penelitian sebanyak 5 siswa sesuai kategori perolehan skornya dari 42 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes tulis. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan cara mereduksi data, menyajikan atau memaparkan data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, siswa yang memiliki kemampuan literasi numerasi matematis dengan skor berkategori baik sekali dan baik mampu menyelesaikan masalah dengan matematika dasar, menguraikan data, dan menafsirkan hasil analisis atau memberi kesimpulan. Kemampuan literasi numerasi matematis siswa dengan skor berkategori cukup mampu menyelesaikan masalah dengan matematika dasar dan menguraikan data. Kemampuan literasi numerasi matematis siswa dengan skor berkategori kurang dan kurang sekali mampu menyelesaikan masalah dengan matematika dasar dan menafsirkan hasil analisis atau memberi kesimpulan. Kata Kunci: Kemampuan Literasi Numerasi Matematis, Sistem Koordinat Kartesius
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 126204201016 ISNAINI SHOLIKAH |
Date Deposited: | 27 Jun 2024 03:52 |
Last Modified: | 27 Jun 2024 03:52 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/47626 |
Actions (login required)
View Item |