ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI MATEMATIS SISWA KELAS VIII MTs MUTTAQIEN PSM TAKERAN KABUPATEN MAGETAN PADA MATERI SISTEM KOORDINAT KARTESIUS

ISNAINI SHOLIKAH, 126204201016 (2024) ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI MATEMATIS SISWA KELAS VIII MTs MUTTAQIEN PSM TAKERAN KABUPATEN MAGETAN PADA MATERI SISTEM KOORDINAT KARTESIUS. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (966kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (429kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (414kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (332kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (526kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (344kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (444kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (445kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (192kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (424kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Kemampuan literasi dan numerasi menjadi dua hal yang penting dalam kehidupan sehari-hari, utamanya bagi generasi penerus bangsa atau para pelajar. Dikarenakan kemampuan tersebut mencakup kemampuan untuk merumuskan, menggunakan, dan menafsirkan matematika dalam berbagai konteks masalah kehidupan sehari-hari. Materi sistem koordinat kartesius merupakan salah satu materi yang dikaji dalam matematika. Dalam materi tersebut perlu kemampuan berpikir logis dan kritis untuk bisa menyelesaikan masalah dengan matematika dasar, menguraikan data, dan menafsirkan hasil analisis atau memberi kesimpulan sesuai indikator kemampuan literasi numerasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan literasi numerasi siswa kelas VIII MTs Muttaqien PSM Takeran Kabupaten Magetan pada materi sistem koordinat kartesius. Pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek penelitian sebanyak 5 siswa sesuai kategori perolehan skornya dari 42 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes tulis. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan cara mereduksi data, menyajikan atau memaparkan data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, siswa yang memiliki kemampuan literasi numerasi matematis dengan skor berkategori baik sekali dan baik mampu menyelesaikan masalah dengan matematika dasar, menguraikan data, dan menafsirkan hasil analisis atau memberi kesimpulan. Kemampuan literasi numerasi matematis siswa dengan skor berkategori cukup mampu menyelesaikan masalah dengan matematika dasar dan menguraikan data. Kemampuan literasi numerasi matematis siswa dengan skor berkategori kurang dan kurang sekali mampu menyelesaikan masalah dengan matematika dasar dan menafsirkan hasil analisis atau memberi kesimpulan. Kata Kunci: Kemampuan Literasi Numerasi Matematis, Sistem Koordinat Kartesius

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 126204201016 ISNAINI SHOLIKAH
Date Deposited: 27 Jun 2024 03:52
Last Modified: 27 Jun 2024 03:52
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/47626

Actions (login required)

View Item View Item