PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TEKA TEKI SILANG BERBASIS WEBSITE PADA MATERI FLUIDA STATIS KELAS XI DI SMAN 1 KARANGAN TRENGGALEK

CHOFIFAH AYUNINGTYAS, 126211202042 (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TEKA TEKI SILANG BERBASIS WEBSITE PADA MATERI FLUIDA STATIS KELAS XI DI SMAN 1 KARANGAN TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (662kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (425kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (463kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (708kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (717kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (468kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (431kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengembangan Media Pembelajaran Teka Teki Silang Berbasis Website pada Materi Fluida Statis Kelas XI di SMAN 1 Karangan Trenggalek” ditulis oleh Chofifah Ayuningtyas, NIM. 126211202042, pembimbing Dr. Desyana Olenka Margaretta, M.Si. Kata Kunci: media pembelajaran, teka teki silang berbasis website, fluida statis Media pembelajaran berperan penting dalam mendukung proses belajar mengajar di kelas, sehingga diperlukan media yang dapat membuat aktivitas pembelajaran tidak monoton, terutama dalam pelajaran fisika yang memuat banyak konsep, rumus, dan teori. Berdasarkan hasil wawancara dan observasi yang dilakukan di SMAN 1 Karangan Trenggalek menunjukkan bahwa guru tidak menggunakan media pembelajaran yang menarik dan siswa cenderung pasif dalam proses pembelajaran. Berdasarkan analisis kebutuhan yang dilakukan, siswa membutuhkan media pembelajaran yang membuat proses pembelajaran tidak monoton. Oleh karena itu, peneliti pengembangkan sebuah media pembelajaran teka teki silang berbasis website pada materi fluida statis. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu analysis (analisis), design (desain), development (pengembangan), implementation (implementasi), dan evaluation (evaluasi). Pada penelitian tahap pertama populasi penelitian adalah siswa yang telah menerima materi fluida statis. Sampel penelitian pada tahap pertama adalah kelas XII B. Pada penelitian tahap kedua populasi penelitian adalah siswa kelas XI SMAN 1 Karangan Trenggalek. Sampel penelitian terpilih adalah kelas XI A sebagai kelas kontrol dan kelas XI B eksperimen. Instrumen pengumpulan data terdiri dari lembar validasi ahli materi, ahli media, angket respons siswa, dan soal post test yang diberikan di kelas kontrol dan kelas eksperimen. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) Proses pengembangan produk terdiri dari pengumpulan data, perancangan, pengembangan, penelitian tahap I, revisi tahap I, penelitian tahap II, revisi tahap II, dan penyempurnaan produk. (2) Hasil Validasi dari dua validator ahli media menunjukkan kategori sangat valid dengan rata-rata presentase 89,05%. Hasil validasi dari dua ahli materi menunjukkan kategori sangat valid dengan rata-rata presentase 88,5%. (3) Hasil dari uji kepraktisan yang diujikan kepada 36 siswa kelas XII B mendapatkan rata-rata presentasi 91,67% yang menunjukkan kategori sangat praktis. (4) Hasil uji efektivitas produk menunjukkan ketuntasan klasikal kelas eksperimen sebesar 88,89% dengan kategori sangat baik dan lebih unggul daripada kelas kontrol yang memiliki ketuntasan klasikal sebesar 67,56% dengan kategori cukup. Berdasarkan uji independent samples t- test diperoleh hasil sig.(2-tailed) sebesar 0,001 yang mana nilai tersebut < 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa H_O ditolak dan H_a diterima yang berarti hasil belajar pada kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Kesimpulan penelitian dan pengembangan ini adalah media pembelajaran teka teki silang pada materi fluida statis berhasil dikembangkan dengan tahapan ADDIE yang menunjukkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan layak, menarik, dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan > Pendidikan Menengah Atas
Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Fisika
Depositing User: 126211202042 CHOFIFAH AYUNINGTYAS
Date Deposited: 28 Jun 2024 04:12
Last Modified: 28 Jun 2024 04:12
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/47657

Actions (login required)

View Item View Item