PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR DAN PEMAHAMAN KONSEP MATERI USAHA DAN ENERGI UNTUK SISWA KELAS X MAN 1 BLITAR

DEVI CIPTA PRATIWI, 126211201015 (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR DAN PEMAHAMAN KONSEP MATERI USAHA DAN ENERGI UNTUK SISWA KELAS X MAN 1 BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (516kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (240kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (349kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (675kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (659kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (721kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (330kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (193kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (314kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Dan Pemahaman Konsep Materi Usaha Dan Energi Untuk Siswa Kelas X Man 1 Blitar” ini ditulis oleh Devi Cipta Pratiwi, NIM. 126211201015, Program studi Tadris Fisika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung dengan dosen pembimbing Husni Cahyadi Kurniawan, M.Si. Kata Kunci : Discovery Learning, Hasil Belajar, Pemahaman Konsep, Usaha dan Energi Pembelajaran fisika merupakan hal yang penting untuk dipelajari karena menyangkut fenomena yang terjadi di alam dan mengetahui keterkaitannya. Hasil observasi pembelajaran di MAN 1 Blitar menunjukkan hasil belajar dan pemahaman konsep siswa masih rendah. Beberapa faktor dikarenakan pembelajaran fisika berpusat pada guru, belum melaksanakan model pembelajaran sesuai dengan tuntutan materi ajar, hasil belajar yang rendah dan pemahaman konsep yang keliru. Diperlukan adanya model pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar dan pemahaman konsep. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar materi usaha dan energi untuk siswa kelas X MAN 1 Blitar. (2) Mengetahui pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap pemahaman konsep materi usaha dan energi untuk siswa kelas X MAN 1 Blitar. (3) Mengetahui pengaruh model pembelajaran Discovery Learning terhadap hasil belajar dan pemahaman konsep materi usaha dan energi untuk siswa kelas X MAN 1 Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Eksperimen dengan desain posttest only control group design. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas X MAN 1 Blitar. Sampel penelitian adalah kelas X-L sebanyak 24 orang sebagai kelas kontrol dan X-K sebanyak 27 orang sebagai kelas eksperimen. Teknik sampling yang digunakan yakni Cluster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Teknik analisis data yang digunakan meliputi uji coba instrumen yaitu uji validitas dan reliabilitas, uji prasyarat meliputi uji normalitas dan homogenitas, dan terakhir uji hipotesis atau Uji T. Hasil penelitian menunjukkan (1) Ada pengaruh model pembelajaran Discovery Learning terhadap hasil belajar materi usaha dan energi untuk siswa kelas X MAN 1 Blitar dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. (2) Ada pengaruh model pembelajaran Discovery Learning terhadap pemahaman konsep materi usaha dan energi untuk siswa kelas X MAN 1 Blitar dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. (3) Ada pengaruh model pembelajaran Discovery Learning terhadap hasil belajar dan pemahaman konsep materi usaha dan energi untuk siswa kelas X MAN 1 Blitar dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima.

Item Type: Skripsi
Subjects: Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Fisika
Depositing User: 126211201015 DEVI CIPTA PRATIWI
Date Deposited: 28 Jun 2024 01:50
Last Modified: 28 Jun 2024 01:50
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/47665

Actions (login required)

View Item View Item