IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN PAI DI SMKN 2 TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2023/2024

NOVITA ALFIATUS ZAHRO’, 126201203218 (2024) IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN PAI DI SMKN 2 TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2023/2024. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (583kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (176kB)
[img] Text
ABSTRACT.pdf

Download (383kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (323kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (486kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (227kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (98kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (20kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (170kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Novita Alfiatus Zahro’,2024.Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Dalam Pembelajaran PAI Di SMKN 2 Tulungagung Tahun Ajaran 2023-2024.skripsi Program Studi Pendidikan Agama Islam. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Dosen Pembimbing, Dr. Hj. Luluk Atirotu Zahroh, M.Pd Kata Kunci: Kurikulum Merdeka Belajar, Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. SMKN 2 Tulungagung merupakan lembaga pendidikan menengah kejuruan dan sebenarnya milik negara. Di SMKN 2 Tulungagung, sebanyak siswa telah memanfaatkan kurikulum merdeka belajar sejak tahun ajaran 2022/2023. Oleh karena itu, mengikuti anjuran pemerintah dan beradaptasi dengan dinamika pendidikan, SMKN 2 Tulungagung menerapkan kurikulum merdeka belajar. Saat menerapkan kurikulum ini, keberagaman siswa menjadi tantangan bagi guru seperti SMKN 2 Tulungagung, terutama di organisasi kelas yang seringkali pasif. Hal ini menjadi permasalahan bagi guru untuk lebih kreatif dan inovatif dalam kegiatan pembelajarannya. PAI termasuk mata pelajaran yang sering diabaikan oleh para siswa karena siswa merasa bahwa mata pelajaran PAI bukan mata pelajaran yang menurut mereka bisa membawa pada baik tidak nya kelulusan. Sehingga para siswa hany fokus pada mata pelajaran produktif saja yang berfokus pada mata pelajaran teknik dan manajemen. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan perencanaan kurikulum merdeka belajar, (2) mendeskripsikan implementasi kurikulum merdeka belajar, dan (3) mendeskripsikan evaluasi diri kurikulum dalam kursus pelatihan guru. Ini adalah studi kasus. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik interaktif dari Miles dan Huberman digunakan untuk analisis data. Hal ini meliputi kompresi data (data compression), penyajian data (data presenter), dan penarikan kesimpulan (conclusion drawing). Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) implementasi Kurikulum merdeka belajar telah mengarah pada terciptanya CP,TP dan ATP serta perencanaan isi pembelajaran dan penilaian. (2) Implementasi : Pelaksanaan pembelajaran dilakukan oleh guru dengan diferensiasi pembelajaran. (3)Penilaian: Penilaian yang dilakukan guru menggunakan penilaian diagnostik, formatif, dan sumatif.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Kurikulum
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 126201203218 NOVITA ALFIATUS ZAHRO'
Date Deposited: 26 Jul 2024 01:50
Last Modified: 26 Jul 2024 01:50
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/47683

Actions (login required)

View Item View Item