ANALISIS KOMPETENSI SISWA DALAM MEMAHAMI MATERI PEMBELAJARAN BIOTEKNOLOGI KELAS X DI SMAN 1 TULUNGAGUNG

MUFIDATUL KHOIRIYAH, 126208201023 (2024) ANALISIS KOMPETENSI SISWA DALAM MEMAHAMI MATERI PEMBELAJARAN BIOTEKNOLOGI KELAS X DI SMAN 1 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (704kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (141kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (205kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (203kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (169kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (191kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (504kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (209kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (47kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (195kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (22MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Analisis Kompetensi Siswa dalam Memahami Materi Pembelajaran Bioteknologi Kelas X di SMAN 1 Tulungagung” ini ditulis oleh Mufidatul Khoiriyah dengan NIM. 126208201023, dan pembimbing Nanang Purwanto, M.Pd. Kata Kunci : Analisis, Kompetensi Siswa, Bioteknologi Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran materi bioteknologi pada siswa kelas X SMAN 1 Tulungagung pada materi pembelajaran bioteknologi yang membutuhkan kompetensi siswa secara optimal yang harus didukung oleh sarana dan prasarana yang lengkap. Hal ini diketahui ketika kegiatan pembelajaran materi bioteknologi beberapa sarana dan prasarana kurang mendukung pembelajaran tersebut. Akibatnya pembelajaran yang harus dilakukan dilaboratorium harus dilakukan di dalam kelas dengan alat dan bahan yang seadanya, sehingga pencapaian kompetensi siswa tidak mencapai optimal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk 1)Mendeskripsikan kompetensi berpikir kritis siswa dalam memahami pembelajaran pada materi bioteknologi kelas X SMAN 1 Tulungagung, 2)Mendeskripsikan kompetensi kreativitas siswa dalam memahami pembelajaran pada materi bioteknologi kelas X SMAN 1 Tulungagung, 3)Mendeskripsikan kompetensi komunikasi siswa dalam memahami pembelajaran pada materi bioteknologi kelas X SMAN 1 Tulungagung, 4)Mendeskripsikan kompetensi kolaborasi antar siswa dalam memahami pembelajaran pada materi bioteknologi kelas X SMAN 1 Tulungagung, 5)Mendeskripsikan kompetensi siswa secara keseluruhan dalam memahami pembelajaran pada materi bioteknologi kelas X SMAN 1 Tulungagung Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian fenomenologi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data meliputi pencatatan catatan lapangan, observasi data, observasi, wawancara, pengisian lembar instrumen, penelitian kata kunci, dan mengarah pada analisis tema untuk memperoleh pemahaman subjek penelitian secara holistik. Validasi data didasarkan pada kegigihan dan konsistensi peneliti, triangulasi, dan penggunaan bahan referensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1)Kompetensi berpikir kritis mendapatkan persentase 26 % yang dinyatakan dengan kategori sangat rendah, 2)Kompetensi kreativitas mendapatkan persentase 30,22% yang dinyatakan dengan kategori sangat rendah, 3)Kompetensi komunikasi mendapatkan persentase 24% yang dinyatakan dengan kategori sangat rendah, 4)Kompetensi kolaborasi mendapatkan persentase 20,89% yang dinyatakan dengan kategori sangat rendah, dan 5)Kompetensi siswa secara keseluruhan mendapatkan persentase 24,23% yang dinyatakan dengan kategori sangat rendah

Item Type: Skripsi
Subjects: Biologi > Hewan
Biologi > Pertumbuhan
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: 126208201023 MUFIDATUL KHOIRIYAH
Date Deposited: 27 Jun 2024 07:01
Last Modified: 27 Jun 2024 07:01
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/47690

Actions (login required)

View Item View Item