PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM TATA SURYA KELAS VII SMPN 2 NGANTRU

MAULANA INSANUL KARIM, 126211202059 (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM TATA SURYA KELAS VII SMPN 2 NGANTRU. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (452kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (207kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (181kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (246kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (816kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (321kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (462kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (190kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (59kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (198kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Team Games Tournament Terhadap Pemahaman Konsep Dan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Sistem Tata Surya Kelas VII SMPN 2 Ngantru” ini ditulis oleh Maulana Insanul Karim, NIM. 126211202059, Jurusan Tadris Fisika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Dosen pembimbing Husni Cahyadi Kurniawan, S.Si., M.Si. Kata Kunci: Model Pembelajaran Team Games Tournament, Pemahaman Konsep, Hasil Belajar, Sistem Tata Surya Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya pemahaman konsep dan hasil belajar peserta didik, salah satu penyebabnya adalah model pembelajaran yang digunakan saat ini kurang sesuai dengan kurikulum yang berlaku. Hal ini berdampak pada hasil belajar dan pemahaman konsep peserta didik yang kurang baik. Selain itu, penyampaian materi yang kurang menarik dapat menyebabkan peserta didik kurang aktif dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu, diperlukan model pembelajaran yang sesuai untuk meningkatkan tingkat keaktifan peserta didik. Dalam upaya untuk meningkatkan pemahaman konsep dan hasil belajar siswa diterapkan model pembelajaran teams games tournament. Model pembelejaran tersebut merupakan bentuk inovasi untuk meningkatkan pemahaman konsep dan hasil belajar peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui pengaruh model pembelajaran team games tournament terhadap hasil belajar peserta didik pada materi sistem tata surya kelas VII SMPN 2 Ngantru. (2) mengetahui pengaruh model pembelajaran team games tournament terhadap pemahaman konsep peserta didik pada materi sistem tata surya kelas VII SMPN 2 Ngantru. (3) mengetahui pengaruh model pembelajaran team games tournament terhadap hasil belajar dan pemahaman konsep peserta didik pada materi sistem tata surya kelas VII SMPN 2 Ngantru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Eksperiment dan desain penelitian non equivalent control group design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII SMPN 2 Ngantru sebanyak 50 orang. Sampel penelitian peserta didik kelas VII A sebanyak 16 orang sebagai kelas eksperimen, dan kelas VII B sebanyak 12 orang sebagai kelas kontrol. Teknik sampling yang digunakan adalah cluster sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan angket. Analisis data yang digunakan yakni uji prasyarat terdiri dari uji normalitas dan uji homogenitas, selanjutnya dilakukan uji hipotesis terdiri dari uji T dan uji MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan (1) terdapat pengaruh model pembelajaran team games tournament terhadap hasil belajar peserta didik pada materi sistem tata surya kelas VII SMPN 2 Ngantru dengan nilai signifikasi sig. 0.001 < 0.05. (2) terdapat pengaruh model pembelajaran team games tournament terhadap pemahaman konsep peserta didik pada materi sistem tata surya kelas VII SMPN 2 Ngantru dengan nilai signifikasi sig. 0.000 < 0.05. (3) terdapat pengaruh model pembelajaran team games tournament terhadap hasil belajar dan pemahaman konsep peserta didik pada materi sistem tata surya kelas VII SMPN 2 Ngantru dengan nilai signifikasi sig. 0.000 < 0.05.

Item Type: Skripsi
Subjects: Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Fisika
Depositing User: 126211202059 MAULANA INSANUL KARIM
Date Deposited: 28 Jun 2024 02:39
Last Modified: 28 Jun 2024 02:39
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/47716

Actions (login required)

View Item View Item