MANAJEMEN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI SMAN 1 DURENAN TRENGGALEK

MAHALA NAILAL AMALIA, 126207201029 (2024) MANAJEMEN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI SMAN 1 DURENAN TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (868kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (239kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (108kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (344kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (464kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (281kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (268kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (24kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (147kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Amalia, Mahala Nailal. 2024. Manajemen Kurikulum Merdeka Belajar dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di SMAN 1 Durenan Trenggalek. Skripsi, Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Skripsi: Dr. Drs. H. Imam Saerozi, M.H.I. Kata kunci: Kurikulum, Merdeka Belajar, Mutu Pendidikan Lahirnya kurikulum merdeka belajar memberikan kemerdekaan pada setiap satuan pendidikan untuk melakukan inovasi. Kurikulum merdeka belajar dikembangkan sebagai kerangka kurikulum yang lebih fleksibel, sekaligus berfokus pada materi esensial dan pengembangan karakter serta kompetensi peserta didik. SMAN 1 Durenan Trenggalek merupakan salah satu sekolah yang menerapkan kurikulum merdeka belajar mulai tahun ajaran 2022/2023 dengan kategori mandiri berubah. Mengingat SMAN 1 Durenan Trenggalek merupakan salah satu sekolah dengan mutu pendidikan yang baik maka pengelolaan kurikulum merdeka belajar sangatlah penting dalam peningkatan mutu pendidikan tersebut. Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana perencanaan kurikulum merdeka belajar dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMAN 1 Durenan Trenggalek? (2) Bagaimana pelaksanaan kurikulum merdeka belajar dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMAN 1 Durenan Trenggalek? (3) Bagaimana evaluasi kurikulum merdeka belajar dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMAN 1 Durenan Trenggalek? Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan perencanaan kurikulum merdeka belajar dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMAN 1 Durenan Trenggalek, (2) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan kurikulum merdeka belajar dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMAN 1 Durenan Trenggalek, (3) Untuk mendeskripsikan evaluasi kurikulum merdeka belajar dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMAN 1 Durenan Trenggalek. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Instrumen kunci dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri. Sumber datanya yaitu kepala sekolah, waka kurikulum, waka kesiswaan, guru, dan siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dimulai dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan kepercayaan (perpanjangan keikutsertaan dan triangulasi), keteralihan, kebergantungan, dan kepastian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Perencanaan kurikulum merdeka belajar dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMAN 1 Durenan Trenggalek yaitu mempersiapkan sumber daya manusia, mempersiapkan modul ajar dalam proses pembelajaran, dan menganalisa kebutuhan sarana dan prasarana, (2) Pelaksanaan kurikulum merdeka belajar dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMAN 1 Durenan Trenggalek yaitu pembelajaran intrakurikuler yang dilaksanakan sesuai modul ajar, pembelajaran kokurikuler berupa projek penguatan profil pelajar Pancasila yang dilaksanakan dengan sistem blok, dan pembelajaran ekstrakurikuler yang memuat ekstrakurikuler wajib dan ekstrakurikuler tambahan. (3) Evaluasi kurikulum merdeka belajar dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMAN 1 Durenan Trenggalek yaitu evaluasi terhadap komponen kurikulum dan evaluasi terhadap proses pembelajaran.

Item Type: Skripsi
Subjects: Manajemen > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 126207201029 MAHALA NAILAL AMALIA
Date Deposited: 01 Jul 2024 08:15
Last Modified: 01 Jul 2024 08:15
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/47800

Actions (login required)

View Item View Item