MOHAMMAD EFENDI, 2811123153 (2017) PENGARUH PENGGUNAAN METODE CERAMAH DAN DISKUSI DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII DI SMPN 2 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (103kB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (206kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (340kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (417kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (414kB) | Preview |
|
Text
BAB V.pdf Download (232kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Download (58kB) |
||
Text
Daftar Rujukan.pdf Download (94kB) |
Abstract
ABSTRAK Sekripsi dengan judul “Pengaruh Penggunaan Metode Ceramah dan Diskusi dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII di SMPN 2 Tulungagung”. Pembimbing; Dr. Agus Zaenul Fitri, M. Pd. Penelitian ini dilatar belakangi oleh Metode Pembelajaran (Metode Ceramah dan Metode Diskusi) yang termasuk metode konvensional. Masih adakah pengaruh yang signifikan terhdap hasil belajar siswa dalam pembelajaran pendidikan agama Islam pada zaman sekarang yang beda jauh dengan keadaan zaman dahulu. Dan ternyata terbukti masih berpengaruh dan signifikan terhadap hasil belajar siswa kususnya siswa kelas VIII di SMPN 2 tulungagung. Rumusan masalah dalam penulisan sekripsi ini adalah: 1) Adakah pengaruh metode ceramah dalam pembelajaran PAI terhadap hasil belajar siswa kelas VIII di SMPN 2 Tulungagung?., 2) Adakah pengaruh metode diskusi dalam pembelajaran PAI terhadap hasil belajar siswa kelas VIII di SMPN 2 Tulungagung?., 3) Adakah pengaruh metode ceramah dan diskusi dalam pembelajaran PAI secara bersamaan terhadap hasil belajar siswa kelas VIII di SMPN 2 Tulungagung?. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode cramah dan diskusi terhadap hasil belajar. Skripisi ini bermanfaat bagi kepala sekolah SMPN 2 Tulungagung, sebagai upaya mengembangkan, meningkatkan kualitas dan kuantitas kegiatan belajar mengajar. Bagi bapak/ibu guru kususnya PAI dapat digunakan sebagai tolak ukur dalam pemilihan metode pembelajaran dan bagi pembaca sebagai penambahan wawasan dan pemahaman tentang metode pembelajaran khususnya metode ceramah dan diskusi. Jenis penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini 376 siswa kelas VIII di SMPN 2 Tulungagung. Teknik sampling yaitu probability sampling. Sampel penelitian ini adalah 182 siswa kelas VIII SMPN 2 Tulungagung. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t–test dan uji-F. Sedangkan metode pengumpulan datanya menggunakan observasi, angket/kuisioner dan dokumentasi. Hasil penelitiannya adalah: 1) Pengujian hipotesis metode ceramah dilakukan dengan cara membandingkan antara hasil dari t-hitung dengan t-tabel. Dari tabel Coefficients di atas diperoleh nilai t-hitung = 20.970. Sementara itu, untuk t tabel dengan taraf signifikansi 0.05 diperoleh nilai t-tabel = 1.960. Perbandingan antara keduanya menghasilkan: t-hitung > t-tabel (20.970 > 1.960). Nilai signifikansi t untuk metode ceramah adalah 0.000 dan nilai tersebut lebih kecil daripada probabilitas 0.05 (0.000 < 0.05). Sehingga dalam pengujian ini meunjukkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Hal ini berarti bahwa Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara metode ceramah terhadap hasil belajar siswa kelas VIII di SMPN 2 Tulungagung., 2) Pengujian hipotesis mtode diskusi dilakukan dengan cara membandingkan antara hasil dari t-hitung dengan t-tabel. Dari tabel Coefficients di atas diperoleh nilai t-hitung = 20.129. Sementara itu, untuk t tabel dengan taraf signifikansi 0.05 diperoleh nilai t-tabel = 1.960. Perbandingan antara keduanya menghasilkan: t-hitung > t-tabel (20.129 > 1.960). Nilai signifikansi t untuk metode ceramah adalah 0.000 dan nilai tersebut lebih kecil daripada probabilitas 0.05 (0.000 < 0.05). Sehingga dalam pengujian ini meunjukkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Hal ini berarti bahwa Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara metode diskusi terhadap hasil belajar siswa kelas VIII di SMPN 2 Tulungagung. 3) Pengujian hipotesis metode ceramah dan diskusi secara bersamaan dilakukan dengan cara membandingkan antara hasil dari t-hitung dengan t-tabel. Dari tabel Coefficients di atas diperoleh nilai t-hitung = 18.348. Sementara itu, untuk t tabel dengan taraf signifikansi 0.05 diperoleh nilai t-tabel = 1.960. Perbandingan antara keduanya menghasilkan: t-hitung > t-tabel (18.348 > 1.960). Nilai signifikansi t untuk metode ceramah dan diskusi secara bersamaan adalah 0.000 dan nilai tersebut lebih kecil daripada probabilitas 0.05 (0.000 < 0.05). Sehingga dalam pengujian ini meunjukkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Hal ini berarti bahwa Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara Metode Ceramah dan Metode Diskusi secara bersamaan terhadap hasil belajar siswa kelas VIII di SMPN 2 Tulungagung.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 2811123153 MOHAMMAD EFENDI |
Date Deposited: | 07 Feb 2017 03:18 |
Last Modified: | 07 Feb 2017 03:18 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/4782 |
Actions (login required)
View Item |